Konversi Freon Refrigerant Konvensional ke Refrigerant Musicool Solusi Jitu Hemat Listrik dan Ramah Lingkungan Pada Mesin AC Anda

Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk Indonesia dan peningkatan daya beli masyarakat serta iklim tropis Indonesia yang tergolong bersuhu panas, menyebabkan permintaan akan mesin penyejuk ruangan atau Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan atau menyejukan kamar baik jenis AC Split, AC Sentral, mapun jenis Chiller seakan-akan sudah menjadi kebutuhan umum. Menurut penelitian dan memang fakta bahwasanya lebih dari 50% konsumsi energi listrik di rumah adalah untuk mesin penyejuk udara atau Air Conditioner (AC). Untuk konsumsi energi listrik di perkantoran, angka ini naik hingga 70%. Sedangkan saat ini ketika pembangkit listrik menghasilkan energi seringkali faktor lingkungan yang menjadi korban, hasilnya adalah adanya pemanasan global atau Global Warming. bahasa  pendeknya adalah sudah bayar listrik mahal, ternyata merusak lingkungan pula…. rugi dua kali kita ! Nah, ….. Sekarang bagaimana solusinya ?

PT. Gas Depo Industry menawarkan solusi jitu penghematan listrik dan solusi ramah lingkungan pada mesin air conditioning (AC) untuk efisiensi pemakaian biaya listrik. Anda bisa melakukan penghematan biaya listrik melalui melakukan konversi Refrigeran Sintetis Freon R-22 Anda dengan Refrigerant Musicool MC22 produk pertamina buatan dalam negeri yang ramah lingkungan (eco-friendly) dan yang terpenting hemat listrik. Selain itu, solusi ini akan sangat membantu menurunkan biaya operasional khususnya biaya listrik bagi perusahaan-perusahaan atau industri terutama yang sudah mempunyai sertifikasi ISO 14001 manajemen lingkungan dan juga secara langsung ikut serta dalam program penghematan energi yang digalakan oleh pemerintah.

Refrigeran Musicool merupakan refrigeran alami yang sangat ramah lingkungan karena tidak merusak Lapisan Ozon (O3) dan bukan termasuk gas Rumah Kaca, sehingga tidak ikut meningkatkan global warming. Program konversi ini telah dilakukan oleh banyak pihak baik dari entitas-entitas swasta maupun dari entitas-entitas pemerintah, perusahaan-perusahaan dan industri seperti gedung-gedung bertingkat, rumah sakit, perhotelan, gudang, mall, dan lain sebagainya dimana unit mesin AC nya, baik AC Split maupun AC Sentral atau Chiller yang digunakan perusahaan tersebut, yang semula atau awalnya menggunakan bahan pendingin sintetis freon diganti dengan bahan pendingin alami Musicool.

Berikut perbandingan Musicool dengan freon konvensional :

A. Refrigerant MUSICOOL

  1. Berat jumlah penggunaan musicool lebih ringan 30 % misalnya freon sintesis konvensional untuk AC Split 1 PK rata-rata membutuhkan 1 Kg sedangkan penggunaan Musicool cukup dengan 30 gram, hasilnya biaya penggunaan bahan pendingin menjadi lebih rendah.
  2. Ramah lingkungan karena tidak merusak Ozon (O3) bumi
  3. Tidak diperlukan adanya penggantian atau penambahan komponen pada Mesin AC
  4. Kinerja kompresor lebih ringan karena molekul Musicool lebih halus dibandingan freon sintesis konvensional, hasilnya adalah :
  • Konsumsi pemakaian energi/listrik/bahan bakar lebih rendah turun hingga 25 % – 30% yang mengakibatkan biaya konsumsi energi/listrik/bahan bakar menjadi lebih turun
  • Biaya Pemeliharaan atau Maintenance Cost lebih rendah
  • Umur (life time) pemakaian peralatan dan komponen menjadi lebih lama
  • Cost menjadi lebih rendah
  • Biaya penyusutan barang lebih kecil

Macam dan Jenis Musicool :

  1. Musicool MC12 atau MC-12 sebagai pengganti freon R-12
  2. Musicool MC22 atau MC-22 sebagai pengganti freon R-22
  3. Musicool MC134 atau MC-134 sebagai pengganti freon R-134a
  4. Musicool MC600 atau MC-600 sebagai pengganti freon R-600a dengan komposisi Iso Butane
  5. Musicool MC-600 N yang merupakan produk Pertamina untuk produk N-Butane

Namun yang paling sering dipakai di dunia industri dan perdagangan adalah MC-12, MC-22, dan MC-134

Propana

A. Refrigerant Sintetis Freon Konvensional

  1. Penggunaan jumlah freon lebih banyak yang mengakibatkan biaya pemeliharaan atau maintenance cost menjadi tinggi.
  2. Kinerja kompresor menjadi lebih berat yang mengakibatkan antara lain :
  • Membuat biaya pemeliharaan atau maintenance menjadi lebih tinggi.
  • kompresor cepat rusak
  • Umur (life time) peralatan dan komponen menjadi lebih pendek
  • Biaya operasional dan lebih tinggi
  • Biaya penyusutan lebih besar
  • Konsumsi energi/listrik/bahan bakar yang mengakibatkan cost menjadi tinggi

Keuntungan Ekonomis Menggunakan Musicool Refrigerant

Banyak faktor-faktor seperti merk mesin AC, jenis mekanisasi mesin AC, kapasitas mesin AC, umur atau masa mesin pemakaian AC, dan lain sebagainya yang mempengaruhi nilai persen penghematan listrik apabila dilakukan recovery dan konversi freon sintetis konvensional dengan  Musicool, namun secara umum nilai persen yang dapat dihemat sekitar 10% s/d 30% dengan perincian :

  1. Mesin AC dengan listrik 1 Phase : 10% s/d 30%
  2. Mesin AC dengan listrik 3 Phase : 10% s/d 25%

Kesimpulannya adalah bahwa Recovery atau Konversi Freon dengan Refrigeran Musicool dapat menurunkan konsumsi listrik yang cukup signifikan, sehingga dapat memberikan keuntungan finansial yang tidak sedikit bagi pemilik Mesin AC, berupa :

  1. Penurunan biaya listrik karena investasi biaya konversi yang dikeluarkan akan kembali dalam waktu yang relative singkat dari dana penghematan Biaya Listrik yang diperoleh setiap bulan, sehingga Perusahaan praktis tidak mengeluarkan anggaran biaya tambahan ( Return of Investment berkisar antara 2 bulan s/d 8 bulan, tergantung dari durasi pemakaian setiap unit AC-nya )
  2. Mengurangi Maintenance Cost
  3. Ramah lingkungan tidak merusak Ozon (O3), pertimbangan ini akan sangat berlaku bagi perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ISO 14001 tentang manajemen lingkungan
  4. Memperpanjang Replacement Cost, dll.

Hemat Listrik AC

Setelah mengetahui informasi diatas, jelaslah bahwa dengan mengganti freon konvensional Anda dengan Musicool, Anda telah melakukan banyak keuntungan baik keuntungan pribadi maupun keuntungan masyarakat umum, antara lain :

A. Keuntungan Pribadi

  1. Hemat Pengeluaran listrik bisa sampai dengan 30 % dari operational cost setiap bulan
  2. Hasil dana penghematan bisa digunakan untuk keperluan lain
  3. Bagi perusahaan atau industri yang mengandalkan sumber energinya dari generator listrik karena beberapa lain hal seperti belum masuknya jaringan listrik, pemadaman listrik PLN, dsb. Anda bisa berhemat dua kali, pertama hemat listrik, dan yang kedua hemat bahan bakar dimana kedua-duanya menghemat biaya yang sangat besar
  4. bagi perusahaan yang sudah mempunyai sertifikasi ISO 14001 tentang manajemen lingkungan, konversi ke musicool bisa dikatakan sudah menjadi mandatory atau sudah menjadi suatu keharusan
  5. Umur AC lebih tahan lama

B. Keuntungan Masyarakat Umum

  1.  Anda telah berkontribusi pada pelestarian lingkungan karena Musicool ramah lingkungan dan tidak merusak Ozon (O3)
  2. Anda telah melakukan penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada pembangkit listrik karena konsumsi listrik Anda turun
  3. Anda telah menghemat devisa negara karena sebagian besar freon sintetis konvensional yang beredar merupakan barang impor sedangkan Musicool merupakan produk Pertamina buatan dalam negeri.

Jual Refrigeran Musicool

PT. Gas Depo Industry sebagai perusahaan liquid dan gas industri terintegrasi menjual Musicool dengan harga termurah, kualitas produk terjamin buatan Pertamina, ready stock, serta delivery cepat dan responsif. Musicool tersedia dalam kemasan ukuran tabung yang dikehendaki pelanggan, yaitu : tabung 3 kg, tabung 6 kg, dan tabung 45 Kg. PT. Gas Depo Industry juga menjual produk Musicool dalam bentuk ton curah dalam kemasan Tanki, Iso Tank, Skid Tank, dan Lorry Tank.

Propane 1

Jasa Retrofit : Recovery dan Konversi Freon dengan Musicool

Selain menjual produk Musicool Pertamina, PT. Gas Depo Industry juga melayani jasa retrofit dan konversi dari freon konvensional ke Refrigeran Hydrocarbon Musicool. PT. Gas Depo Industry memiliki teknisi yang terampil dan mumpuni, terlatih, dan berpengalaman dalam melakukan Recovery & Konversi dari Refrigerant Sintetis Freon ke Refrigerant Alami Musicool. PT. Gas Depo Industry juga memberikan pelatihan dan training kepada para teknisi Perusahaan atau Pemilik AC atau teknisi maintenance (pemeliharaan) out-sourcing secara Cuma-Cuma, yang merupakan satu paket dalam Program Penghematan Listrik, sehingga perusahaan diharapkan akan dapat melakukan pekerjaan maintenance (pemeliharaan) sendiri. Apabila Perusahaan atau Pemilik AC tidak mempunyai SDM Teknisi sendiri atau bagian pemeliharaan out-sourcing, maka PT. Gas Depo Industry siap untuk melakukan pekerjaan Service dan Pemeliharaan secara rutin dan periodik berdasarkan kontrak.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk mendapatkan produk Musicool dan jasa retrofit konversi freon konvensional dengan Musicool.

Call Center : 08179867722

E-mail : sales@gasdepo.co.id

Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id