LPG (Elpiji)

Tanki Propane & LPG

Elpiji (LPG) Pertamina :

Elpiji adalah pelafalan bahasa Indonesia dari akronim bahasa Inggris LPG (liquified petroleum gas), secara harfiah dapat berarti: “gas minyak bumi yang dicairkan”), Elpiji (LPG) merupakan campuran dari berbagai unsur Hydrocarbon yang berasal dari gas alam (Natural Gas) dan dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas dapat berubah menjadi cair. Komposisinya didominasi oleh Gas Propane (C3H8) dan Butane (C4H10). Elpiji (LPG) juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil seperti Etane (C2H6) dan Pentane (C5H12).

Elpiji akan berbentuk gas selama dalam kondisi atmosfer. Volume elpiji (LPG) dalam bentuk cair menjadi lebih kecil dibandingkan dalam bentuk gas untuk berat yang sama. Karena hal tersebut  elpiji dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bejana gas bertekanan, agar memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya, biasanya tabung elpiji tidak diisi secara penuh, yaitu hanya sekitar 80-85% dari kapasitasnya. Rasio antara keadaan volume gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair bervariasi tergantung komposisi, tekanan dan temperatur, tetapi biasaya sekitar 250:1.

Tekanan (pressure) di mana Elpiji (LPG) dalam keadaan cair dinamakan tekanan uap-nya, juga bervariasi tergantung keadaan komposisi dan temperatur, misalnya, dibutuhkan tekanan sekitar 220 kPa (2.2 bar) bagi Gas Butane (C4H10) murni pada 20 °C (68 °F) agar mencair, dan sekitar 2.2 MPa (22 bar) bagi Gas Propane (C3H8) atau Propana murni pada 55 °C (131 °F).

Berdasarkan spesifikasinya, Elpiji (LPG) dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis Elpiji campuran, jenis Elpiji Propana dan jenis Elpiji Butana. Spesifikasi Elpiji tersebut, masing-masing  tercantum dalam keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomor: 25K/36/DDJM/1990. Adapun jenis Elpiji yang dipasarkan Pertamina adalah jenis elpiji campuran.

Penggunaan Elpiji (LPG) di Indonesia bersifat sangat vital terutama digunakan oleh masyarakat luas sebagai bahan bakar rumah tangga (terutama kompor gas). Selain digunakan sebagai bahan bakar (fuel) rumah tangga, Elpiji (LPG) juga cukup banyak digunakan sebagai bahan bakar (fuel) kendaraan bermotor (meskipun mesin kendaraannya harus dimodifikasi terlebih dahulu).

Untuk pemesanan Liquid Elpiji (LPG) Pertamina, segera hubungi PT. Gas Depo Industry

Call Center : 08179867722

Hubungi Kami


PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id