5 Tips Menghindari Tabung Gas Meledak Paling Aman

Penggunaan produk gas dan komplemennya yang bagus atau berkualitas merupakan kunci keamanan saat Anda menggunakannya. Pasalnya, kasus kebocoran gas hingga mengakibatkan tabung gas meledak dan bahkan menimbulkan kebakaran umumnya terjadi karena kualitas produk gas dan komplemennya yang buruk.

Kasus tabung gas meledak bukan kasus yang baru, sejak awal resmi digunakannya LPG, sekitar tahun 2007, berita mengenai peristiwa tabung gas meledak senantiasa bermunculan. Bagi Kebanyakan orang mungkin hanya menebak-nebak bagaimana peristiwanya, apa penyebab tabung gas meledak? kenapa bisa terjadi dan bagaimana menghindarinya?

Tabung gas yang meledak, apalagi hingga menimbulkan kebakaran, jelas berdampak pada kerugian, baik materi maupun non materi. Pada tahun 2010 saja, terdapat 36 kasus tabung gas meledak. Oleh karena itu, bagi sebagian orang ada rasa was-was setiap menggunakan tabung gas, terutama bila yang melakukannya anak-anak atau pembantu rumah tangga yang belum mengerti cara mengoperasikannya.

Berdasarkan data Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), sebanyak 70% kasus tabung gas meledak berasal dari aksesoris/komplemen produk gas yang tidak memenuhi standar, dan 30% karena perilaku konsumen. Kebocoran gas paling sering berasal dari celah antara mulut tabung dan regulator, akibat seal-nya tidak melaksanakan tugas sebagaimana semestinya.

Untuk menghindari tabung gas meledak, beberapa Tips Menghindari Tabung Gas Meledak di bawah ini mudah-mudahan dapat membantu:

  1. Pasang Selang dan Regulator Secara Tepat
    Jika selang dan regulator tidak terpasang secara tepat maka akan memicu kebocoran gas. Sebelum menggunakan tabung gas, pastikan dulu gas mengalir dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengatur posisi selang agar tidak terlipat.
  2. Pastikan Regulator Berfungsi dengan Baik
    Pada dasarnya, regulator berfungsi untuk mengatur dan menstabilkan aliran gas. Jika aliran gas tidak stabil, bisa dipastikan regulator mengalami kerusakan. Lama-kelamaan akan terjadi kebocoran dan gas mengalir keluar. Biasanya akan terdengar bunyi mendesis dan tercium bau gas yang sangat menyengat di sekitar ruangan.
  3. Pilih Tabung Gas dengan Kondisi Fisik yang Masih Bagus
    Selain memeriksa kode tahun uji test pada bagian badan tabung, Anda juga harus memeriksa penampilan fisiknya. Tabung gas yang sudah berkarat menandakan bahwa tabung tersebut sudah usang atau tidak ditaruh di tempat yang benar oleh pemakainya. Meskipun tidak bisa dijadikan patokan, sebaiknya anda memilih tabung gas dengan kondisi fisik yang masih bagus.
  4. Jangan Letakan Tabung Dekat Benda yang Mudah Terbakar
    Posisi tabung gas juga harus anda perhatikan. Karena tabung gas berisi gas yang mudah terbakar maka jauhkan juga dari benda-benda yang mudah terbakar. Jangan pernah merokok atau bermain kembang api di dekat tabung gas. Percikan api sekecil apapun dapat memicu ledakan tabung gas.
  5. Saat tidak difungsikan dalam jangka waktu lama, jangan lupa untuk mencabut regulator dari mulut tabung gas.
    Hal ini untuk mencegah kebocoran gas jika sewaktu-waktu selang digigit oleh tikus. Atau bisa saja hal lainnya yang tidak terduga karena ditinggalkan dalam waktu lama hingga menyebabkan tabung gas bocor.

Sebagai pengguna tabung gas, sudah saatnya Anda merawat dan menjaga perlengkapan tabung gas demi keselamatan Anda.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk mandapatkan pelayanan produk gas industri terbaik anda. dari PT. Gas Depo Industry.
CALL CENTER : 08179867722 : E-MAIL : sales@gasdepo.co.id