Inilah 8 Cara Mengetahui Gas Oplosan Wajib Dimengerti

Tabung Gas Oplosan? Kok bisa ada tabung gas oplosan? Bagaimana cara mengetahui tabung gas oplosan? Hal-hal apa saja yang harus diperiksa agar kita terhindar dari penggunaan tabung gas oplosan?

Salah satu modus pelaku pengoplos gas oplosan yang sudah dikenali, yaitu dengan cara memindahkan isi tabung gas 3 Kg sebanyak 4 tabung, ke dalam 1 tabung gas ukuran 12 Kg. Jadi dari empat tabung gas ukuran 3 Kg dipindahkan isinya ke dalam satu tabung gas ukuran 12 Kg.

Modus ini dilakukan oleh penjual gas yang berlaku curang. Hitung-hitungan secara ekonomisnya, bisa diilustrasikan sebagai berikut:

  • Harga tabung gas ukuran 3 Kg (sebanyak 4 tabung) = Rp.17.500 x 4 = Rp.70.000
  • Harga tabung gas 12 Kg (sebanyak 1 tabung) = Rp.105.000 x 1 = Rp.105.000
  • Selisih harga = Rp.35.000

Sebagai konsumen, menggunakan tabung gas oplosan tentu saja merugikan, baik secara ekonomis maupun secara resiko bahaya. Secara ekonomis sudah sangat jelas, dirugikan karena tabung gas oplosan tentu saja secara volumenya tidak sesuai dengan jumlah yang dibayarkan.

Selain secara ekonomis, potensi atau resiko bahayapun tentu saja akan dihadapi konsumen. Tabung gas oplosan sudah dipastian tidak memenuhi standar keamanan. Oleh karena itu, resiko bahaya seperti meledak, kebakaran, cacat tubuh, bahkan kematian bisa terjadi jika menggunakan tabung gas oplosan.

Sudah kita ketahui bersama melalui berbagai informasi di media masa mengenai kejadian-kejadian kecelakaan akibat tabung gas. Data statistik menunjukan informasi setiap tahun selalu ada peristiwa kebakaran yang diakibatkan dari tabung gas yang meledak. Untuk itu, kita perlu menghindari menggunakan tabung gas oplosan.

Untuk mengetahui apakah Gas LPG oplosan atau bukan tidak bisa hanya mengandalkan pemeriksaan terhadap fisik tabungnya saja. Akan tetapi, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperiksa sebelum menggunakan tabung gas tersebut.

Sebagai pengguna tabung gas, kita mesti bersikap kritis agar terhindar dari penggunaan tabung gas oplosan. Beberapa hal berikut ini dapat menghindarkan kita dari penggunaan tabung gas oplosan.

  1. Belilah tabung Gas LPG dari supplier yang terpercaya (resmi);
  2. Minta seal plastik/segel dibuka dan disaksikan bersama (terutama saat tabung gas diantar ke tempat);
  3. Periksalah segel penutup gas, idealnya segel terdiri dari dua (ganda) pada tabung gas, yaitu (1) segel berbentuk plastik penutup, dan (2) segel berupa plastik warp;
  4. Pastikan terdapat seal di katup pengaman tabung gas;
  5. Periksa edge knife/bibir, apakah terdapat cacat berupa goresan atau tidak, terutama di bagian dalam;
  6. Untuk tabung gas 12 Kg, lumasilah bibir tabung dengan busa sabun, periksalah apakah menimbulkan gelembung keluar atau tidak?;
  7. Untuk Tabung Gas 3 Kg, rendam tabung di dalam ember berisi air, apakah ada gelembung keluar atau tidak?;
  8. Periksalah berat tabung gas, cara ini paling ampuh, namun memerlukan alat bantu berupa timbangan.

Jika hasil pemeriksaan kritis terhadap tabung gas tersebut membuat Anda ragu, jangan segan-segan untuk meminta ganti dengan tabung gas yang lebih baik. Lakukan pemeriksaan seperti biasa, sampai Anda benar-benar merasa aman dan terhindar dari menggunakan tabung gas oplosan.

, ,
Oleh :
Kategori : Blog
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: [email protected]