Harga Oksigen Rumah Sakit

Oksigen merupakan jenis gas yang sangat dibutuhkan seluruh makhluk hidup, terlebih manusia. Ketiadaan gas ini tentunya dapat memusnahkan seluruh manusia di muka bumi. Oksigen yang dihirup manusia, diperoleh dari udara bebas yang berada di sekelilingnya.

Oksigen disebut sangat penting karena gas ini memiliki banyak fungsi yang menyertainya. Hal tersebut di antaranya adalah:

  • Energi. Oksigen sebagai komponen dalam pernapasan manusia membantu tubuh dalam menguraikan glukosa dalam darah. Dari proses ini lah, tubuh menjadi berenergi sehingga kuat menjalani aktivitas.
  • Meningkatkan Kinerja Otak. Oksigen membantu otak dalam mengolah tiap informasi yang di dapat. Otak tidak akan bisa bekerja dengan optimal dan tidak bisa berpikir dengan baik jika kekurangan oksigen. Ada beberapa sel dalam otak yang sangat sensitif dan memerlukan oksigen untuk berfungsi.
  • Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh. Sel-sel pada tubuh juga sama bergantungnya pada oksigen. Sel-sel ini tidak dapat bekerja dengan baik jika tubuh tidak mendapat oksigen yang cukup. Jika kebutuhan oksigen tercukupi, maka tubuh dapat membangun tameng yang kuat agar terhindar dari serangan virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit mengerikan.
  • Lawan Virus. Kebutuhan oksigen yang tercukupi dengan baik juga dapat membentu sel untuk melawan virus dalam tubuh. Oksigen juga mampu membunuh berbagai jenis bakteri jahat tanpa merusak keberadaan bakteri baik yang ada di dalamnya.

Meski bumi menyediakan jumlah oksigen yang sangat banyak untuk kelangsungan hidup manusia, namun ada sebagian orang yang tidak dapat menghirup oksigen dengan alami dan membutuhkan bantuan alat tertentu untuk bernapas.

Orang-orang tersebut biasanya memiliki kondisi kesehatan khusus yang menyebabkan mereka memerlukan pasokan oksigen dari alat medis, bukan secara langsung. Misalnya dalam pasien yang sedang koma atau memiliki masalah organ pernapasan atau paru-paru.

Di rumah sakit, tabung oksigen adalah salah satu alat penunjang medis yang sangat penting dan wajib tersedia. Sebab, oksigen merupakan kebutuhan paling vital dan paling dasar bagi seorang manusia untuk dapat melangsungkan hidupnya. Selain itu, ada banyak jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan membuat penderitanya memerlukan bantuan alat untuk bisa bernapas.

Meski begitu, harga penggunaan oksigen di rumah sakit cenderung mahal. Harga tabung oksigen medis beserta isi dan regulatornya dapat mencapai hingga Rp 2 juta, dengan penggunaan hanya selama 3 s/d 4 jam. Dalam sehari, pasien yang membutuhkan tabung oksign sebagai alat penunjang, memerlukan 2-3 tabung oksigen isi 1000 liter.

Bila dikalkulasikan, pasien membutuhkan dana hingga Rp 6 juta rupiah agar dapat bernapas. Dana tersebut belum termasuk biaya pengobatan, rawat-inap dan sebagainya. Biaya ini sudah pasti memberatkan pasien karena dana yang harus dikeluarkan sangat tinggi dan dapat dibilang sangat mahal.

Karena tingginya harga oksigen yang disediakan rumah sakit, maka sudah banyak perusahaan yang menyediakan produk oksigen dalam mencukupi kebutuhan di berbagai kepentingan. Salah satu perusahaan yang dapat menyediakan kebutuhan oksgen, terutama dalam hal medis adalah Gas Depo Industry. Gas Depo adalah perusahaan yang bergerak di bidang gas industri yag menjual beragam jenis gas, salah satunya adalah oksigen.

Oksigen yang dijual oleh Gas Depo, dikemas dalam kemasan tabung khusus oksigen yang pastinya sangat aman. Tabung oksigennya tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari tabung oksigen dengan ukuran terkecil yang portable dan mudah dibawa kemana-mana, hingga tabung oksigen ukuran terbesar yang dapat digunakan untuk keperluan jangka panjang. Gas Depo juga memastikan produk oksigennya memiliki kualitas terbaik dengan tingkat kemurnian oksigen yang bervariasi sesuai kebutuhan.

Penggunaan tabung oksigen ini sangat penting bagi mereka yang memang memiliki kondisi khusus yang hanya bisa bernapas dengan bantuan alat penunjang. Berikut beberapa jenis penyakit yang membuat penderitanya harus bergantung dengan penggunaan tabung oksigen, di antaranya yaitu:

  • Asma Berat. Ini adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami penyempitan saluran pernapasan dan membuat mereka terus menerus mengalami sesak ketika bernapas. Orang dengan penyakit ini perlu mendapatkan penanganan yang cepat dan membutuhkan bantuan oksigen tambahan agar udara bisa masuk ke paru-paru dengan baik.
  • Cystic Fibrosis. Penyakit yang ditandai dengan gangguan sistem produksi kelenjaryang ada di tubuh. Penyakit ini menyebabkan penderitanya kesulitan untuk memproduksi keringat yang harus dikeluarkan tubuh. Salah satu sebab kondisi ini adalah kurangnya kadar oksigen yang masuk ke tubuh, sehingga tidak dapat mengoptimalkan kerja kelenjarnya.
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Penyakit ini seringkali disamakan dengan penyakit asma. Meski begitu, PPOK ternyata jauh lebih parah dari asma. Penyakit ini terjadi ketika aliran udara yang seharusnya mengarah ke saluran pernapasan, ternyata mengalami hambatan. Kondisi ini perlu dibantu dengan oksigen penunjang agar sistem pernapasannya kembali lancar.
  • Pneumonia Berat. Ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan mengancam kematian. Pasien dengan penumonia berat akan mengalami kesulitan bernapas dan kesakitan yang luar biasa. Hal ini disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi di setiap bagian paru-paru. Maka dari itu, pasien pneumonia yang gejalanya sudah berat dan mengalami kerusakan paru-paru yang parah, amat bergantung dengan oksigen tambahan.
  • Hipoksemia. Hipoksemia adalah jenis penyakit yang diderita oleh seseorang yang memiliki tingkat saturasi darah yang rendah, yakni di bawah 90%. Seperti yang kita tahu, darah adalah salah satu sel yang mengangkut dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan kondisi seperti ini, maka penderitanya membutuhkan pasokan oksigen yang lebih banyak dari orang lain.

Dalam memenuhi kebutuhan oksigen medis yang aman di kantong, Gas Depo dapat menjadi pilihan. Jika berminat untuk memesan dan membeli produk oksigen, dapat langsung menghubungi kontak yang tersedia.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk mandapatkan pelayanan produk gas industri terbaik anda. dari PT. Gas Depo Industry.
CALL CENTER : 08179867722 : E-MAIL : sales@gasdepo.co.id