Harga Freon Musicool

Propane 1Semakin pesatnya pembangunan di dunia saat ini lebih sering mengorbankan lingkungan hidup. Salah satu masalah lingkungan hidup yang sedang tren sekarang ini adalah masalah global warming atau adanya pemanasan global yang lebih banyak disebabkan oleh faktor kegiatan manusia (man-made). Tanpa terasa dan juga akibat kurangnya informasi tentang global warming sebenarnya kita juga turut serta dan menyumbang pada proses pemanasan global tersebut. Negara Indonesia yang beriklim tropis cenderung mempunyai suhu yang panas sehingga agar kita merasa nyaman dan sejuk dalam ruangan kita menggunakan mesin penyejuk udara atau Air Conditioner (AC) baik dalam bentuk AC Split, AC Sentral maupun Chiller untuk gedung-gedung bertingkat. Salah satu bahan komponen AC adalah “Freon” atau “Refrigerant”.

Freon

Apa itu freon ? Freon adalah gas atau cairan pendingin buatan atau syntetic refrigerant yang tediri dari senyawa Hydro, Chloro, Fluoro, dan Carbon. Terdapat banyak jenis freon namun yang paling umum digunakan sebagai bahan pendingin, antara lain :

  1. Freon R-12 CFC (Chlorofluorocarbon) dimana aplikasi jenis ini dipakai untuk lemari pendingin (kulkas), dispenser, maupun AC mobil buatan dibawah tahun 1993.
  2. Freon R-22 HCFC (Hydrochlorofluorocarbon) dimana aplikasi ini dipakai untuk mesin pendingin atau Air Conditioner (AC) berskala besar, seperti AC window, AC Split, AC Central dan Chiller yang pada umumnya ditemukan pada rumah, gedung-gedung bertingkat, perusahaan industri, dan lain sebagainya.
  3. Freon r-134a HFC (Hydrofluorocarbon)  dimana aplikasi jenis freon ini digunakan untuk AC mobil, dan sebagian produk lemari pendingin (kulkas).

Freon berbahaya bagi lingkungan dan menyebabkan global warming adalah karena sifat kimiawinya apabila terlepas ke udara bebas dan berinteraksi dengan Ozon (O3) akan menghasilkan gas Karbon Monooksida (CO) dan gas Karbon Monooksida (CO) akan berinteraksi dengan Oksigen (O2) akan menghasilkan gas Carbon Dioksida (Co2). Hilangnya Ozon (O3) membuat bumi tidak mempunyai tameng untuk menghalangi dan membelokan panas dan sinar radiasi ultraviolet Matahari, selain itu juga gas Karbon Dioksida (Co2) mempunyai kemampuan untuk menyimpan panas lebih lama dibandingan gas lain sehingga suhu di bumi akan naik dan menjadi panas, hasilnya lapisan es di kutub utara dan kutub selatan bumi akan mencair disinilah bencana terjadi mulai dari banjir dan badai, kekeringan berkepanjangan, anomali cuaca, dan jangan lupa sinar radiasi Matahari sangat berbahaya bagi manusia yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit lainnya. Ketika bencana alam tersebut terjadi pastilah menyebabkan bencana sosial antara lain karena terjadinya kekeringan dan anomali cuaca banyak bahan pangan (Crops) menjadi gagal panen hasilnya adalah peperangan dan kekuarangan bahan pangan. Hal inilah yang disebut efek rumah kaca (green house effect).

Sekarang bagaimana solusinya ? Solusinya adalah Gunakan Freon MUSICOOL !!!!!Propana

Musicool

Apa itu musicool ? Musicool adalah freon hydrocarbon alternatif yang lebih ramah lingkungan (eco-friendly) pengganti freon konvensional. Musicool asli produk Indonesia buatan dalam negeri yang diproduksi oleh Pertamina.

Berikut perbandingan freon konvensional dengan Musicool :

A. Refrigerant Sintetis Freon Konvensional

  1. Penggunaan jumlah freon lebih banyak yang mengakibatkan biaya pemeliharaan atau maintenance cost menjadi tinggi.
  2. Kinerja kompresor menjadi lebih berat yang mengakibatkan antara lain :
  • kompresor cepat rusak
  • Membuat biaya pemeliharaan atau maintenance menjadi lebih tinggi.
  • Umur (life time) peralatan dan komponen menjadi lebih pendek
  • Biaya operasional dan lebih tinggi
  • Biaya penyusutan lebih besar
  • Konsumsi energi/listrik/bahan bakar yang mengakibatkan cost menjadi tinggi

B. Refrigerant MUSICOOL

  1. Ramah lingkungan karena tidak merusak Ozon (O3) bumi
  2. Berat jumlah penggunaan musicool lebih ringan 30 % misalnya freon sintesis konvensional untuk AC Split 1 PK rata-rata membutuhkan 1 Kg sedangkan penggunaan Musicool cukup dengan 30 gram, hasilnya biaya penggunaan bahan pendingin menjadi lebih rendah.
  3. Kinerja kompresor lebih ringan karena molekul Musicool lebih halus dibandingan freon sintesis konvensional, hasilnya adalah :
  • Konsumsi pemakaian energi/listrik/bahan bakar lebih rendah turun hingga 25 % – 30% yang mengakibatkan biaya konsumsi energi/listrik/bahan bakar menjadi lebih turun
  • Biaya Pemeliharaan atau Maintenance Cost lebih rendah
  • Umur (life time) pemakaian peralatan dan komponen menjadi lebih lama
  • Biaya penyusutan barang lebih kecil
  • Cost menjadi lebih rendah

Macam dan Jenis Musicool :

  1. Musicool MC12 atau MC-12 sebagai pengganti freon R-12
  2. Musicool MC22 atau MC-22 sebagai pengganti freon R-22
  3. Musicool MC134 atau MC-134 sebagai pengganti freon R-134a
  4. Musicool MC600 atau MC-600 sebagai pengganti freon R-600a dengan komposisi Iso Butane
  5. Musicool MC-600 N yang merupakan produk Pertamina untuk produk N-Butane

Namun yang paling sering dipakai di dunia industri dan perdagangan adalah MC-12, MC-22, dan MC-134

Manfaat Musicool

Setelah mengetahui perbandingan antara Freon Konvensional dengan Musicool dari penjelasan diatas, jelaslah bahwa keunggulan dan manfaat Musicool sangatlah besar baik secara hitungan ekonomis maupun hitungan keamanan dan keselamatan lingkungan. selain itu pula Musicool telah memenuhi persyaratan teknis sebagai refrigerant yaitu meliputi aspek sifat termodinamika dan fisika, diagram tekanan versus suhu serta uji kinerja pada siklus refrigerasi.

Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa dengan beban pendingin yang sama, musicool mempunyai keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan refrigerant sintetis konvensional. Diantaranya beberapa parameter memberikan indikasi data lebih kecil, seperti kerapatan bahan (density), rasio tekanan kondensasi terhadap nilai evaporasi dan nilai viskositasnya, sedangkan beberapa parameter lain memberikan indikasi data lebih besar, seperti efek refrigerasi, kalor laten, COP, dan konduktivitas bahan.

Harga Musicool

Harga Musicool termurah, kualitas produk terjamin, pelayanan yang prima, jaminan supply yang dapat diandalkan, dan delivery cepat dari PT. Gas Depo Industry.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk mendapat produk Musicool dari PT. Gas depo Industry

Call Center : 08179867722

E-mail : sales@gasdepo.co.id

Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id