Spesifikasi Gas LPG

Spesikasi Gas LPG (Liquified Petroleum Gas) atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan ELPIJI yang merupakan brand dari PERTAMINA adalah termasuk jenis gas hydrocarbon hasil produksi dari kilang minyak bumi dan kilang gas alam dengan komponen utama Gas Propane (C3H8) dan Gas Butane (C4H10) yang mengisi volume kira-kira 99 %, dan sisanya adalah jenis gas Pentane (C5H12) yang juga dicairkan. Elpiji (LPG) akan tetap berbentuk gas pada tekanan atmosfir, tetapi dalam memudahkan proses distribusi dan transportasi gas ini diubah fasanya menjadi ke bentuk cair dengan memberi tekanan. Dalam keadaan cair, LPG mudah didistribusikan dan ditransportasi dalam tabung ataupun dalam tanki (bulk tank).

Tanki Propane & LPG

Gas Elpiji (LPG)

Elpiji (LPG) adalah termasuk jenis gas Hydrocarbon yang dicairkan dengan tekanan untuk memudahkan pengangkutan, penyimpanan, dan penanganannya yang berasal dari hasil pengolahan minyak dan gas bumi (migas) dan hasil pengolahan lapangan pada kegiatan usaha hulu (tambang) migas. Elpiji (LPG) pada umumnya mempunyai perbandingan komposisi yaitu Propane (C3H8) 30% dan Butane (C4H10) 70%. Elpiji (LPG) mempunyai rata-rata nilai kalori sebesar + 21.000 BTU/lb dan mempunyai berat lebih berat daripada udara dengan berat jenis sekitar 2.01 dibandingkan dengan udara dan mempunyai tekanan uap Elpiji cair dalam tabung kurang lebih sekitar 5.0 – 6.2 Kg/cm2. LPG bersifat tidak berbau (odorless) sehingga zat aditive “Mercaptan ” ditambahkan kepada LPG untuk memberikan bau yang khas, sehingga kebocoran gas dapat dideteksi dengan cepat.

Elpiji (LPG) merupakan sumber energi yang sangat vital dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan juga telah digunakan secara luas di seluruh dunia karena nilai panas (kalor) yang tinggi, bersih tidak meninggalkan bekas, praktis, kontrol panas yang mudah dan stabil, dan tidak meninggalkan bau pada makanan. Pada umumnya, Elpiji (LPG) digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak mulai dari konsumen rumah tangga, kalangan komersial seperti hotel dan restoran, hingga untuk konsumen kalangan industri yang antara lain digunakan sebagai bahan bakar dan sumber energi untuk industri keramik, makanan, gelas, bahan bakar forklift, dan lain sebagainya. Selain hal diatas LPG juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri refrigerant dan aerosol ramah lingkungan.

Berikut kelebihan penggunaan LPG dibandingkan jenis bahan bakar yang lain :

  • Ramah Lingkungan dengan tingkat emisi lebih rendah
  • Bersih karena tidak meninggalkan bekas yang mengotori ruangan serta cocok dan sesuai untuk produk yang sensitif terhadap bau hasil pembakaran
  • Stabil karena nilai kalori yang dihasilkan LPG tinggi dan stabil
  • Fleksibel karena LPG dapat mudah didistribusikanb dan ditransportasikan ke daerah manapun mulai dalam bentuk tabung hingga bulk tank
  • Hemat karena maintenance peralatan yang rendah dan harga relatif LPG lebih murah dibanding jenis bahan bakar lain terutama setelah adanya program pemerintah konversi penggunaan minyak tanah menjadi LPG

Banjir8

Bentuk Kemasan Tabung LPG

Tabung Gas Elpiji (LPG) digunakan sebagai sarana penyimpanan (storage) agar mudah untuk didistribusi dan ditransportasi, adapun kemasan wadah tabung gas Elpiji (LPG) Pertamina yang beredar serta melalui proses pengujian secara berkala (hydrostatic test) sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas (Permen ESDM No. 26/2009) antara lain :

1. Tabung Gas LPG Kapasitas 3 Kg

Penggunaan dan pengadaan kemasan tabung 3 Kg dilakukan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pembelian refill di muka, hal ini dikarenakan uang atau biaya yang dibelanjakan tidak sebesar jika menggunakan kemasan tabung Elpiji (LPG) yang lebih besar.

2. Tabung Gas LPG Kapasitas 12 Kg

Jenis tabung gas Elpiji (LPG) 12 Kg merupakan pilihan yang tepat untuk memasak jika rumah Anda tidak dilalui oleh jalur gas kota, selain untuk memasak, Elpiji (LPG) 12 Kg juga dapat juga digunakan untuk water heater dan aplikasi penggunaan lainnya.

3. Tabung Gas LPG Kapasitas 50 Kg

Tabung gas LPG 50 Kg lebih ditekankan penggunaannya untuk kalangan komersial seperti hotel dan restoran, dan juga kalangan industri yang membutuhkan LPG tidak dalam jumlah dan volume yang banyak.

4. LPG Tank atau Elpiji Bulk

Elpiji (LPG) dalam bentuk Bulk atau Tangki umumnya dipakai oleh industri yang membutuhkan LPG dalam skala besar dan digunakan untuk berbagai aplikasi keperluan seperti untuk pembakaran, sebagai campuran bahan baku, dan membantu proses produksi. Elpiji (LPG) Bulk Tank dikirimkan dalam bentuk cair curah dengan tangki berukuran besar dalam satuan MT (Metrik Ton). Bagi industri yang membutuhkan Elpiji (LPG) Bulk Tank diharuskan memiliki instalasi penimbunan LPG, mengingat produk tersebut akan ditransfer dari Lorry Skidtank yaitu kendaraan yang membawa LPG dalam tangki berukuran besar ke tempat penyimpanan LPG yang ada.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk pemesanan produk gas Elpji (LPG) dari PT. Gas Depo Industry

Call Center : 08179867722

E-mail : sales@gasdepo.co.id

 

 

Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id