Begini 6 Ciri Ciri Tabung Gas Elpiji Palsu yang Wajib Diketahui

Kegunaan gas elpiji dalam kehidupan sehari-hari memang sangat penting, tidak heran jika stoknya selalu habis terjual di pasaran. Fungsi utama dari gas yang didominasi oleh propana ini tidak lain untuk keperluan memasak rumah tangga, namun di samping itu ia juga dapat dipakai untuk kebutuhan industri pengelasan. Terutama pada proses pengelasan besi tipis, gas elpiji bisa menjadi solusi karena kandungan oksigennya mampu melelehkan besi plat berukuran cukup tipis.

Ia sering menjadi pengganti las asetilin, selain berfungsi efektif harganya yang jauh lebih murah sering membuat pabrik kepincut untuk lebih memilih gas elpiji dipandingkan gas asetilin. Karena fungsinya yang beragam membuat masyarakat seringkali lupa membedakan gas elpiji asli dan palsu. Bahkan beberapa orang tidak mempunyai cukup pengetahuan membandingkan kedua gas ini, padahal jika salah memilih maka bisa saja berbagai dampak buruk yang akan Anda rasakan.

Membedakan antara gas elpiji asli dengan yang palsu memang tidak lah mudah, tampilannya sering menipu mata orang awam. Namun jika diteliti lebih cermat gas elpiji asli memiliki tampilan yang berbeda dari bentuk KW-nya. Untuk lebih lengkapnya, kami selaku supplier tabung pemadam kebakaran Bali akan menyajikan ciri-ciri tabung gas elpiji palsu yang harus Anda hindari. Berikut daftarnya :

1.Tidak memiliki lambang pertamina huruf V

Tabung gas elpiji asli biasanya terdapat logo atau lambang pertamina huruf “V” di bagian atas tabung sementara gas elpiji palsu tidak memilikinya. Yang satu ini cukup mudah dilihat, Anda perlu perhatikan bagian atas tabung gas. Jika dirasa tidak terdapat lambang tersebut sebaiknya cari tabung gas elpiji lain.

2.Tidak tertera masa kadaluarsa

Selanjutnya ialah tidak adanya masa kadaluarsa tabung yang biasanya terdapat di bagian belakang. Anda patut mencurigai tabung gas elpiji Anda jika tidak tertera masa kadaluarsanya, bisa-bisa tabung Anda sudah lewat masa pemakaian yang dianjurkan.

3.Tidak ada jarak antara leher dengan tabung

Umumnya, tabung gas elpiji asli mempunyai jarak sekitar 3 hingga 4 jari antara leher dengan tabung. Jika dirasa tabung gas elpiji Anda tidak memenuhi standar tersebut maka bisa jadi itu indikasi jika tabung di rumah Anda abal-abal.

4.Terbuat dari bahan galvanis

Bahan yang dipakai tabung elpiji asli ialah baja berkualitas sehingga membuatnya sedikit lebih berat. Sebaliknya, gas elpiji palsu kebanyakan berbahan dasar galvanis, yang mana bahan tersebut sering digunakan dalam pembuatan pipa.

5.Warna cat terlihat mencolok

Warna yang mengkilat tidak selalu mengindikasikan sesuatu mempunyai kualitas terbaik. Contohnya tabung gas elpiji, warna yang tergolong mencolok justru bisa jadi tabung tersebut palsu. Sebab, yang asli tidak terlalu menampilkan warna cat lebih cerah.

6.Berat kosong kurang dari standar

Sesuai standar yang telah ditentukan, berat tabung gas elpiji kosong alias tidak berisi gas berada tepat di 5 kg sedangkan jika di bawah itu atau bahkan di atasnya maka dapat dipastikan barang palsu.

Itulah beberapa ciri tabung gas elpiji palsu, dengan penjelasan di atas nantinya diharapkan masyarakat terhindar dari bahaya menggunakan produk palsu. Jika Anda menginginkan gas elpiji asli berkualitas super maka bisa memesannya pada kami.

, , ,
Oleh :
Kategori : Blog
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: [email protected]