Jual Tabung Oksigen Untuk Ikan

Ikan menjadi sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan ikan memiliki banyak manfaat yang terkandung dalam tubuhnya. Banyak zat baik yang membuat ikan ini sangat disarankan oleh para ahli gizi terutama untuk sumber makanan bagi anak-anak.

Banyak jenis ikan yang dapat dikonsumsi, mulai dari ikan laut sampai ikan air tawar. Seluruh ikan itu memiliki manfaat bagi tubuh manusia bahkan dapat diolah menjadi minyak ikan yang banyak dijual untuk sumber multivitamin. Kesadaran masyarakat Indonesia tentang manfaat ikan membuat permintaan pasar terhadap ikan semakin tinggi.

Selain dikonsumsi langsung sebagai lauk pendamping nasi, dewasa ini semakin banyak produk makanan olahan dari ikan. Tidak hanya dagingnya saja yang diolah menjadi makanan, namun kulit dan tulang ikan pun banyak diolah menjadi produk camilan yang beraneka ragam. Inilah sebabnya permintaan pasar terhadap ikan semakin meningkat karena banyak peluang yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber ekonomi yang mendatangkan rupiah dari ikan.

Budidaya Ikan

Ikan tentu saja tidak mudah ditemukan jika terus ditangkap tanpa henti, baik itu di laut maupun di sungai. Budidaya ikan menjadi solusi paling tepat untuk memenuhi permintaan pasar terhadap ikan. Adanya proses budidaya ini dapat menjaga ekosistem ikan sekaligus dapat memenuhi permintaan pasar terhadap ikan.

Budidaya merupakan proses pelestarian ikan agar ikan dapat berkembang biak secara teratur. Jenis ikan yang dapat dibudidayakan sangat beragam mulai dari ikan mas, ikan lele, ikan nila, ikan patin dan banyak lagi. Budidaya ikan bukan hanya untuk ikan-ikan yang dapat dikonsumsi saja, namun jenis ikan hias pun dapat dibudidayakan sampai usianya cukup untuk dijual.

Budidaya ikan dapat dilakukan secara pribadi maupun kelompok usaha yang dikelola desa atau instansi tertentu. Salah satu contoh pembudidayaan ikan yang dikelola oleh Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Padang. Kelompok usaha ini membudidayakan ikan mas untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat tinggi di Kota Padang.

Usaha budidaya ikan mas ini menjadi mata pencaharian utama bagi warga Koto Tangah. Mereka membudiyakan ikan mas dengan menggunakan kolam air deras. Dalam sekali produksi, pada awalnya mereka dapat memanen empat ton ikan mas dari empat unit kolam. Tahun-tahun berikutnya, produksi ikan mas warga Koto Tengah semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar.

Hal Penting Dalam Budidaya Ikan

Air adalah tempat hidup dan berkembangbiaknya ikan, sehingga kualitas air menjadi salah satu faktor penting yang juga harus diperhatikan. Air yang disalurkan ke dalam kolam ikan tentulah harus sehat dan terkontrol. Saluran untuk keluar-masuknya air harus didesain dengan baik dan kolam tidak boleh terlalu dangkal karena ini akan mempengaruhi kualitas air dalam kolam.

Menurut ilmu fisika, air akan selalu tercampur dengan zat-zat lainnya dan parameter yang menentukan kualitas air diantanya :

  • Cahaya yang masuk ke dalam air harus diperhatikan. Cahaya ini akan berubah menjadi energi panas di permukaan air. Artinya jika terlalu banyak cahaya yang masuk ke dalam kolam dapat meningkatkan suhu air dan sedikit banyak akan mempengaruhi ikan.
  • Keadaan kolam yang keruh atau pun cerah turut mempengaruhi dalam proses budidaya ikan, meskipun tidak berpengaruh secara signifikan. Namun keadaan kolam yang keruh dapat menghambat masuknya cahaya matahari ke dalam kolam.

Selain itu, ikan dapat mendeteksi air yang mengandung oksigen atau karbondioksida. Ikan akan cenderung menjauhi air dengan karbondioksida tinggi, namun masih dapat hidup jika kandungan oksigen terlarutnya masih tinggi. Kolam yang memiliki air dengan kualitas oksigen rendah bukanlah tempat ikan untuk berkembang biak dengan baik, sekalipun ikan masih dapat hidup. Ikan yang hidup di air dengan oksigen rendah akan mudah terkena penyakit dari bakteri.

Faktor penting lainnya dalam usaha membudidayakan ikan adalah pemberian pakan ikan yang bergizi dan kaya nutrisi. Hal ini dimaksudkan agar ikan-ikan yang dipelihara memiliki standar jual yang tinggi dan dapat menghasilkan indukan yang unggul. Jika penebaran benih ikan di dalam kolam telah dilakukan, maka saatnya memberikan nutrisi baik bagi ikan. Pemberian pakan ikan dapat menggunakan pelet yang ukurannya disesuaikan dengan bukaan mulut ikan. Pemberian pellet dilakukan sehari tiga kali, dengan takaran maksimal 5% dari berat badan ikan.

Tabung Oksigen Ikan

Jual tabung Oksigen untuk ikan terlengkap dengan harga murah, delivery cepat, kualitas isi terjamin, jaminan supply yang dapat diandalkan, dan pelayanan yang memuaskan dari PT. Gas Depo Industry. Tabung Oksigen tersedia dalam ukuran volume yang dikehendaki pelanggan mulai dari 1 m3, 1.5 m3, 2 m3, 3 m3, 6 m3, 7 m3, dengan tekanan kerja 150 bar dan ukuran volume tabung 10 m3 dengan tekanan kerja 200 bar yang sesuai untuk segala kebutuhan industri Anda.. kami merupakan agen supplier distributor tabung gas Oksigen dan gas-gas industri lainnya seperti Argon (Ar), Nitrogen (N2), Hidrogen (H2), Karbondioksida (Co2), Helium (He), Asetilen (C2H2), Udara Tekan (Compressed Air), Nitrous Oksida (N2O), Propana (C3H8), Methane (CH4), Karbon Monooksida (CO), Hidrogen Sulfida (H2S), Sulfur Hexafluoride (SF6), Mixed and Mixture Gas, Calibration Gas, Arsil, Arcal, Heliox, Hemix, Elpiji Pertamina LPG, dan gas lainnya, semua gas juga tersedia dalam tingkatan kemurnian atau purity grade yang dikehendaki customer : Medical Grade, High Purity HP, dan Ultra High Purity UHP 99,999 %.

FOTO GAS PRODUCT

Gas Oksigen

Menurut para ahli fisika dan kimia Gas Oksigen yang mempunyai rumus kimia O2 dihasilkan dari air oleh Cyonobacteria, Ganggang, dan tumbuhan dalam proses fotosintesis  sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. Gas Oksigen (O2) mempunyai peranan penting dalam dunia medis, kesehatan, dan kedokteran seperti di Rumah Sakit yang bersifat sangat vital dan sangat dibutuhkan oleh para pasien yang membutuhkan bantuan pernafasan. Sementara Gas Oksigen (O2) untuk aplikasi keperluan industri biasanya dipakai sebagai Oxidizer (Oxydator) dan apabila bereaksi dengan hydrocarbon (fuel) akan menimbulkan api dan panas, contoh aplikasinya adalah untuk pemanasan (heating), pemotongan logam (cutting), pengerasan (hardening), scarfing, pengelasan (welding), pembersihan (cleaning), dehidrasi (dehydrating), dan lain sebagainya. Sedangkan dalam industri perikanan baik darat maupun laut, Gas Oksigen (O2) diperlukan untuk pernafasan ikan selama masa transportasi dari tempat pembiakan menuju pasar.

Oxygen 7

Jual Gas Oksigen

PT. Gas Depo Industry sudah berpengalaman mensupply Gas Oksigen (O2) untuk berbagai industri seperti industri oil & gas, pharmaceutical, engineering & fabrication industry, automotive industry, petrochemical & chemical industry, Electric & Electronic Industry, dan lain sebagainya. PT. Gas Depo Industry melayani mulai dari pengadaan tabung gas baru, refill distribusi dan isi ulang gas Oksigen (O2) hingga pemasangan instalasi pipa gas Oksigen (O2). Kami akan selalu berikan pelayanan yang terbaik untuk Anda, sehingga Anda merasa puas dan memposisikan kami sebagai partner terdepan dalam mensuplai kebutuhan gas Oksigen (O2) dan gas-gas industri lainnya.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk pemesanan produk gas Oksigen (O2) untuk ikan dari PT. Gas depo Industry.

Call Center : 08179867722

E-mail : sales@gasdepo.co.id

Penggunaan Tabung Oksigen Untuk Pemasaran Ikan

Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa produksi budidaya perikanan di Indonesia sampai tahun 2014 terus mengalami peningkatan hingga 14.332.733 ton/ tahun dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Angka ini selalu bertambah banyak dari tahun ke tahun. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan pasar terhadap ikan semakin tinggi dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjadikan hal ini sebagai peluang membudidayakan ikan semakin banyak.

Peluang yang besar ini akan sia-sia jika pengemasan dan pengiriman ikan dari tempat budidaya ke tempat penjualan tidak dikemas dengan baik. Lama waktu pengangkutan pun menjadi faktor yang mempengaruhi. Oleh karena itu, meskipun ikan dimasukan dalam kantung plastik yang sangat berbeda dengan lingkungan hidupnya, diusahakan menciptakan suhu mendekati habitat ikan tersebut. Ini dilakukan untuk memperkecil tingkat kematian ikan saat dikemas dalam plastik.

Ada dua metode sistem penganggukan ikan, yaitu sistem terbuka dan tertutup. Pada sistem terbuka ikan dapat langsung berhubungan dengan udara bebas artinya di kondisikan seperti di kolam tempat hidupnya. Sedangkan sistem tertutup adalah ikan hanya berhubungan dengan udara yang ada di dalam plastik/wadah saja.

Sistem tertutup banyak digunakan untuk pengangkutan ikan jarak jauh. Caranya dengan menggunakan kantung plastik yang diisi air dan oksigen kemudian diikat rapat. Dengan cara ini, tingkat kematian ikan masih dapat terjadi karena faktor kepadatan ikan di dalam kantung tersebut dan lamanya perjalanan yang ditempuh.

Oksigen yang digunakan dalam sistem tertutup adalah oksigen murni. Tabung oksigen yang digunakan berkapasitas 6 m3, sedangkan perbandingan antara oksigen dan air adalah 2:1 dalam setiap kantung plastik. Memilih tabung oksigen yang berkualitas tentu saja diperlukan, karena oksigen memiliki peranan penting bagi pengiriman ikan.

Penggunaan tabung oksigen dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Tentu akan lebih hemat jika menggunakan tabung oksigen ukuran besar untuk budidaya ikan yang sudah berkembang, apalagi jika permintaan pasar terus meningkat. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan tabung oksigen ini adalah :

  1. Tabung oksigen tidak boleh disimpan pada tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.
  2. Tabung oksigen harus dijauhkan dari segala sumber api.
  3. Suhu ruangan harus dipastikan sejuk karena ditempatkan dalam udara panas akan terjadi peningkatan udara dalam tabung.
  4. Tabung oksigen tidak boleh dipukul-pukul dengan benda keras karena bisa jadi akan meledak atau bocor.
  5. Tidak boleh menyemprotkan oksigen ke dalam api secara langsung.
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id