Tabung Gas Bocor Direndam Air, Apakah Berguna ?

Tabung gas elpiji memang banyak memiliki manfaat, terutama untuk keperluan rumah tangga yakni memasak. Dengan keberadaanya secara langsung memangkas waktu memasak dan juga membuat masakan terasa lebih nikmat. Ditambah, harga jualnya di pasaran pun tidak terlalu menguras kantong, sangat terjangkau untuk masyarakat kurang mampu sekalipun. Bobotnya yang ringan juga membuat efisien pada saat memindahkannya dari tempat satu ke tempat lain.

Di samping perananannya yang cukup penting dalam rumah tangga, ternyata gas yang sering dijuluki gas melon ini mempunyai resiko-resiko yang cukup berbahaya. Banyak kejadian yang melibatkan gas elpiji, dari mulai kebocoran hingga ledakan mungkin sudah ribuan kasus di Indonesia. Dampaknya pun tidak main-main, selain mengakibatkan kerusakan bangunan gas elpiji juga bisa menyebabkan kematian bagi orang yang terkena efeknya.

Salah satu kasus gas elpiji yang belum lama terjadi ialah kebocoran tabung gas lalu dimasukkan ke dalam air supaya mengantisipasi ledakan. Pada pertengahan tahun 2018 kemarin, terjadi ledakan dahsyat di daerah Kampung Melayu, Jakarta Timur. Kejadian tersebut bermula saat salah seorang warga menyadari kebocoran tabung gas miliknya, lalu ia menaruh tabung gas ke dalam bak berisikan air. Tanpa diduga, bukannya mengatasi ledakan justru ledakan cukup kuat tak terelakkan.

Dari kejadian tersebut setidaknya 8 orang warga mengalami luka-luka, dua diantaranya bahkan menderita luka bakar serius sehingga harus mendapatkan penanganan lebih lanjut dari rumah sakit. Kepala seksi pengendalian kebakaran, Gatot Sulaiman berpendapat jika tindakan yang dilakukan warga tersebut salah. Penanganan yang seharusnya dilakukan saat menyadari tabung gas bocor adalah dengan menaruhnya di tempat terbuka. Dengan begitu, lama-kelamaan gas akan keluar dari tabung dan bercampur dengan udara luar.

Merendam tabung gas bocor ke dalam air bukan solusi untuk mengantisipasi ledakan. Kandungan air bahkan bisa menjadi pemicu terjadinya ledakan, apalagi jika di kamar mandi yang notabenenya merupakan tempat terutup. Tentu gas akan terjebak dan tidak dapat keluar, sehingga penumpukannya dapat mengakibatkan ledakan yang lebih dahsyat.

Cukup letakkan di luar rumah dan biarkan, serta jangan sampai ada percikan api di sekitarnya. Nanti lambat laun gas yang bocor tersebut akan habis, setelah itu baru gas dapat dibetulkan titik kebocorannya. Jadi, untuk Anda yang sering menaruh tabung gas bocor ke dalam bak mandi berisikan air sebaiknya mulai saat ini jangan dilakukan lagi. Sebab, cara tersebut justru bukan solusi melainkan ilusi.

, ,
Oleh :
Kategori : Blog
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id