Sulfur Hexafluoride (SF-6)

Sulfur Hexafluoride (SF-6) :

Sulfur Hexafluoride (SF6)Sulfur Hexafluoride atau Sulfur heksafluorida (SF6)  merupakan gas rumah kaca anorganik tidak berwarna (colorless), tidak berbau (odorless), dan tidak mudah terbakar (non-flammable gas). SF6 memiliki geometri oktahedral yaitu terdiri dari enam atom fluor melekat pada sebuah atom belerang pusat. Ini adalah jenis molekul hypervalent. tipikal pada gas nonpolar, jenis gas ini kurang larut dalam air tetapi larut dalam pelarut organik nonpolar. peristiwa ini umumnya ditranspotasi sebagai gas terkompresi cair. SF6 memiliki kerapatan 6,12 g / L pada kondisi permukaan laut, dimana jauh lebih tinggi dari kepadatan udara.

Aplikasi
Sebagian besar dari 8.000 ton SF6 produksi per tahun, 6.000 ton khusus diperuntukan penggunaannya sebagai media dielektrik gas di industri listrik, gas inert untuk casting magnesium, dan sebagai mengisi inert untuk jendela kaca terisolasi.

Dielektrik menengah

Gas SF6 dipakai dalam industri listrik sebagai media dielektrik gas untuk tegangan tinggi circuit breaker, switchgear, dan peralatan listrik lainnya, sering mengganti pemutus sirkuit diisi media minyak (OCBs) yang dapat berisi PCB berbahaya. Gas SF6  di bawah tekanan dipakai sebagai insulator switchgear gas terisolasi (SIG), hal ini karena SF6 memiliki kekuatan dielektrik yang lebih tinggi dari Nitrogen udara atau kering. Properti ini memungkinkan secara signifikan untuk mengurangi ukuran gigi listrik. Perisitiwa ini membuat GIS lebih cocok untuk tujuan tertentu seperti penempatan dalam ruangan, yaitu sebagai lawan dari udara terisolasi gigi listrik, yang membutuhkan ruang lebih jauh. Gas terisolasi gigi listrik juga lebih tahan terhadap efek polusi dan iklim, juga menjadi lebih dapat diandalkan dalam operasi jangka panjang karena lingkungan operasi yang dapat dikendalikan. Meskipun pada umumnya sebagian besar produk dekomposisi cenderung cepat kembali membentuk SF6, arcing atau korona dapat menghasilkan decafluoride disulfur (S2F10), yaitu jenis gas yang sangat beracun, dengan toksisitas yang serupa dengan fosgen. S2F10 dianggap sebagai bahan kimia alat perang potensial dalam Perang Dunia II karena tidak menghasilkan lakrimasi atau iritasi kulit, sehingga memberikan sedikit peringatan dari eksposur. Gas SF6 juga biasa ditemui sebagai dielektrik tegangan tinggi dalam supply tegangan tinggi dari akselerator partikel, contohnya seperti Van Graaff generator de dan Pelletrons dan transmisi tegangan tinggi elektron mikroskop.

Aplikasi Penggunaan dalam Kedokteran

Gas SF6 dipakai guna memberikan tamponade atau plug dari lubang retina pada operasi perbaikan ablasi retina mata. SF6 adalah inert dalam ruang vitreous dan awalnya menggandakan volume dalam 36 jam sebelum diserap dalam darah selama 10-14 hari. Gas SF6 dipakai pula sebagai bahan kontras untuk pencitraan USG. Gelembung mikro sulfur heksafluorida dalam larutan diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah perifer. Gelembung mikro tersebut meningkatkan visibilitas pembuluh darah untuk USG. Aplikasi ini telah banyak digunakan dalam memeriksa vaskularisasi tumor.

Tracer senyawa

Sulfur Heksafluorida atau SF6 merupakan gas pelacak yang digunakan dalam kalibrasi udara jalan dispersi model pertama. Program penelitian in disponsori oleh US Environmental Protection Agency dan dilaksanakan di Sunnyvale, California pada US Highway 101 Gas SF6 dipakai sebagai gas pelacak jangka pendek percobaan efisiensi ventilasi pada bangunan dan lingkungan dalam ruangan, dan juga untuk menentukan tingkat infiltrasi. terdapat dua faktor utama merekomendasikan penggunaannya: Konsentrasi dapat diukur dengan tingkat akurasi baik pada konsentrasi yang sangat rendah, dan atmosfer bumi mempunyai konsentrasi diabaikan SF6.

Sulfur Heksafluorida juga dipakai sebagai gas percobaan tidak beracun dalam percobaan di stasiun tabung Kayu St John di London, Inggris tanggal 25 Maret 2007.  gas ini dilepaskan ke seluruh stasiun, dan dipantau karena melayang disekitarnya. Tujuan dari percobaan ini dimana telah diumumkan sebelumnya pada bulan Maret oleh Sekretaris Negara untuk Transportasi Douglas Alexander, adalah untuk menyelidiki bagaimana jenis gas beracun mungkin menyebar di seluruh stasiun London Underground dan bangunan selama terjadi serangan teroris.
peristiwa ini telah berhasil digunakan sebagai standar dalam oseanografi untuk mempelajari pertukaran gas diapycnal pencampuran dan udara laut.

Aplikasi Penggunaan lain

Sulfur Heksafluorida juga dipakai sebagai pereaksi untuk membuat dorong dalam sistem siklus Rankine propulsi tertutup, bereaksi dengan lithium padat seperti yang digunakan dalam 50 Angkatan Laut Amerika Serikat pada torpedo Mark.
SF6 plasma juga dipakai dalam industri semikonduktor sebagai ETSA. SF6 rusak dalam plasma menjadi belerang dan fluor, plasma fluor melakukan etching.

Pada industri magnesium menggunakan sejumlah besar SF6 sebagai gas inert untuk mengisi pembentukan casting.
Sulfur Heksafluorida juga dipakai guna menekan waveguides dalam sistem radar. Gas insulates Waveguide berguna mencegah lengkung internal. Penggunaan sulfur heksafluorida yang sama juga diterapkan di waveguides transmisi akselerator linier medis, yang dipakai untuk pengiriman radioterapi berkas eksternal.
Sulfur Heksafluorida telah dipakai dalam pengeras suara elektrostatik karena SF 6 mempunyai kekuatan dielektrik yang tinggi dan berat molekul yang tinggi. Sulfur Heksafluorida dipakai juga untuk mengisi kantong udara Nike di semua sepatu mereka 1.990-1.996. (Source : Wikipedia)

Untuk pemesanan produk gas Sulfur Hexafluoride (SF6), segera hubungi PT. Gas Depo Industry

Call Center : 08179867722

Hubungi Kami


PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id