Apakah Arti Warna Kuning Pada Regulator Gas ? Inilah Jawabannya

Regulator merupakan komponen penting pada gas, perannya tidak lain sebagai pengatur keluar masuknya gas dari dalam tabung menuju kompor. Namun seringkali masyarakat kurang memperhatikan regulator, padahal banyak hal-hal penting yang terdapat pada regulator gas. Salah satu hal penting yang pasti ada pada komponen gas ini ialah pengukur tekanan yang biasanya memakai jarum jam.

Ya, regulator gas mempunyai penunjuk arah yang berfungsi untuk mengetahui tekanan gas di dalam tabung. Penunjuk ini umumnya hanya mempunyai skala warna, jadi dengan warna tersebut lah kita akan mengetahui apakah masih terdapat gas di dalam tabung. Warna-warna ini antara lain biru, hijau, dan merah. Diantara ketiga warna tersebut terkandung arti didalamnya, yang mana perlu diketahui seluruh lapisan masyarakat.

Namun sayangnya, tidak semua orang mengenal atau mengetahui arti dari masing-masing warna pada regulator gas. Untuk itu, kami disini akan memberi tahu kepada Anda arti dari ketiga warna tersebut. Yang pertama warna biru yang letaknya di sebelah kiri, jika penunjuk arah menunjukkan warna ini maka bisa dipastikan tekanan gas sedang kosong. Sementara hijau berarti tabung gas tengah terisi penuh, dan untuk warna merah dapat diartikan sebagai bahaya.

Namun apa jadinya saat kita membeli gas lalu penunjuk arah menunjuk ke warna kuning, apakah itu tanda gas akan meledak atau keadaan darurat. Tenang saja, penunjuk warna kuning sering dijadikan patokan bagi sebagian besar masyarakat untuk menandakan jika tabung berisi penuh. Opini warga menilai jika penunjuk arah melenceng sedikit dari warna kuning maka kandungan gas sudah berkurang dan buru-buru pindah ke agen penjual gas lain.

Padahal jarum jam menunjuk ke warna kuning tidak bisa dijadikan patokan isi gas, jarum jam tersebut berfungsi sebagai pengukur tekanan. Jadi, bukan untuk mengukur berat atau isi. Sedangkan untuk mengetahui berat tabung gas satu-satunya cara hanya dengan ditimbang. Sementara kadar gas yang terkandung di dalamnya kita tidak dapat mengetahui secara pasti, jadi dengan berat saja biasanya kita sudah tahu kadar gas tersebut.

Sudah tahu kan arti warna kuning pada regulator gas? tidak lain untuk mengukur tekanan bukan mengetahui isi gas. Jadi lain kali jangan dijadikan patokan untuk mengukur isi atau pun berat tabung gas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua, sebelum mengakhiri membaca artikel ini pastikan Anda sudah membaca cara mengetahui gas oplosan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Blog
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: [email protected]