Tanda Gas Habis Pada Regulator, Apakah Ada?

Regulator merupakan salah satu komponen utama pada gas elpiji, fungsinya sebagai pengatur kestabilan tekanan gas yang keluar dari tabung dan disalurkan ke kompor. Regulator lebih sering disebut tutup tabung gas oleh masyarakat Indonesia, ada juga yang menyebutnya penyambung tabung gas ke kompor. Tentu semua istilah tersebut boleh saja digunakan, asalkan tidak keliru dengan fungsinya.

Di samping itu, regulator gas elpji terdiri dari dua macam yaitu regulator tekanan tinggi serta regulator tekanan rendah. Perbedaan antara keduanya terletak pada kegunaannya untuk memasak dalam jumlah tertentu. Regulator tekanan tinggi biasanya dipakai oleh restoran dengan skala besar untuk memasak menu makanan yang umumnya dalam jumlah besar sekaligus sehingga memerlukan tekanan yang tinggi.

Sedangkan regulator gas tekanan rendah sering dipakai untuk memasak di rumah-rumah, jadi gas yang umumnya dipakai untuk keperluan memasak pribadi memakai tipe regulator tekanan rendah. Selain itu regulator juga sering dipakai masyarakat untuk melihat tanda apabila gas telah habis, banyak warga yang memperhatikan jarum jam pada regulator untuk memperkirakan takaran gas di dalam tabung. Apakah regulator bisa memberi tanda apabila gas sudah habis?

Jawabannya tidak, belakangan ini bermunculan kasus jarum jam yang terletak pada regulator gas tidak menunjukkan titik kuning. Jarum malah menunjukkan titik tengah. Hal tersebut diperdebatkan oleh masyarakat, mereka mengira jika tabung gas yang terisi penuh menunjukkan jarum pada regulator ke titik kuning, jika selain itu maka gas sudah berkurang volumenya atau bahkan telah habis.

Pandangan seperti itu sebenarnya salah, menurut dinas perindustrian dan perdagangan Purbalingga, Johan Arifin. Ia mengatakan jika jarum jam pada regulator bukan berfungsi sebagai alat pengukur jumlah gas melainkan alat pengukur tekanan. Suhu yang terdapat di dalam tabung berpengaruh terhadap tekanan dalam tabung. Jarum jam akan bergerak ke arah titik merah jika semakin tinggi tekanan.

Jadi, regulator tidak dapat digunakan sebagai tanda pada saat gas telah habis. Anda hanya bisa mendeteksi jumlah gas telah habis dengan cara lain, misalnya api yang tidak dapat menyala padahal knopp pada kompor telah diputar, tabung gas menjadi ringan saat diangkat, serta satu hal lagi yaitu api yang muncul pada kompor tidak lagi didominasi dengan warna biru tetapi warna merah yang lebih dominan.

Itulah sedikit pengetahuan baru mengenai tanda gas habis pada regulator, semoga menambah ilmu bagi Anda. Kami selaku penyedia berbagai macam jenis gas beserta perlengkapannya menyarankan kepada Anda untuk mengetahui juga ciri ciri regulator gas rusak.

, ,
Oleh :
Kategori : Blog
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id