5 Kegunaan Gas Metana Bagi Kehidupan Sehari Hari

Metana adalah hidrokarbon yang berbentuk gas, dengan rumus kimia CH4. Sifatnya tidak berbau dengan kandungan gas lebih rendah daripada kandugan COdi atmosfir. Walau metana berpotensi sebagai penyebab pemanasan global, namun juga merupakan sumber energi yang tidak bisa dianggap kecil.

Baca juga:

Gas metana banyak dihasilkan oleh mikroorganisme. Dihasilkan ditempat yang lembab tanpa oksigen dari bakteri yang membusuk didalam sampah organik. Manfaat gas metana sebagai sumber energi sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, berikut manfaat gas metana dalam fungsiya sebagai bahan bakar:

  1. Untuk Memasak. Walau belum dikelola secara professional dan menyeluruh, gas metana sudah digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai bahan bakar untuk memasak. Namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh masyarakat yang hidup di dekat pembuangan sampah akhir. Contohnya adalah TPA Puuwatu di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan TPA Talangagung di Kabupaten Malang. Saat ini mereka sudah tidak pernah membeli elpiji atau bahan bakar lain yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan gas metana yang disalurkan melaui pipa-pipa ke rumah masing-masing, mereka bisa menikmati bahan bakar biogas gratis. (Baca juga: Supplier Gas Industri)
  2. Untuk pembangkit tenaga listrik. Selain untuk memasak, gas metana bisa digunakan sebagai sumber energi listrik. Dengan membakar gas metana dalam gas turbin, maka akan dihasilkan energi listrik. Saat ini masyarakat di lingkungan TPA sudah bisa menikmati penerangan lampu dengan sumber energi gas metana yang dihasilkan dari sampah-sampah tersebut. Sumber tenaga listrik gratis ini sangat disambut baik oleh masyarakat tentunya. (Baca juga: Kegunaan Hidrogen)
  3. Sebagai bahan bakar kendaraan. Satu lagi manfaat gas metana yaitu bisa dijadikan bahan bakar untuk kendaraan. Di Talang agung sendiri, sudah diujicoba pada kendaraan Mercedes dan tidak ada masalah baik didaerah panas seperti Surabaya atau daerah dingin seperti Batu Malang. (Baca juga: Jual Balon Gas Helium Murah)
  4. Bermanfaat sebagai pupuk. Kotoran yang mengandung gas metana, akan membuatnya  mengandung protein, lignin, selulose dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tanaman, yang tentunya tidak dihasilkan oleh pupuk kimia. Namun penggunaanya lebih baik setelah gas metananya hilang. (Baca juga: Jual Nitrogen Balon)
  5. Bahan  campuran ban. Akibat pembakaran gas metana yang tidak sempurna, maka menghasilkan karbon hitam yang  kemudian digunakan sebagai penguat karet pada ban kendaraan. (Baca juga: Jual Gas Helium di Tangerang)

Itulah lima manfaat dari gas metana yang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat. Selain manfaatnya, gas metana juga bisa berbahaya bagi manusia jika terpapar. Orang yang terpapar bisa dehidrasi, sakit kepala, kekurangan oksigen, mual, jantung berdebar, mudah lupa, hilangnya memori, penglihatan kabur, lesu, gelisah dan gejala-gejala lainnya. Karena sifat dasar dari gas metana murni tidak berbau, maka untuk menghindari hal ini terjadi tanpa mengetahui sebab musabab asalnya, untuk gas metana konsumsi umum selalu diberi bau. Sehingga jika terjadi kebocoroan akan langsung terdeteksi.

Demikian uraian apa itu gas metana, kegunaan dan bahayanya bagi kehidupan manusia, namun jika anda memerlukan berbagai jenis gas ada cara yang gampang, hubungi saja Call Center : 08179867722 atau email sales@gasdepo.co.id,   maka anda akan mendapatkan pelayanan prima dari kami PT Gas Depo Industry.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id