Kegunaan Hidrogen Secara Umum

Hidrogen merupakan salah satu jenis unsur kimia yang sering kita temukan, terutama dalam kegiatan sehari – hari. Hidrogen memiliki sejumlah manfaat, baik yang berwujud gas ataupun cair. Selain itu, jenis senyawa kimia ini dapat dengan mudah kita temukan secara bebas tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun, atau bisa juga kita dapatkan di pasaran dengan berbagai jenis pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam prosesnya hidrogen sering kali digunakan untuk mengikat unsur kimia lainnya seperti nitrogen. Misalnya, dalam proses pembuatan amonia, hidrogen digunakan untuk memproduksi amonia tersebut dan juga untuk proses hidrogenasi pada minyak dan lemak. (Lihat juga: Jual Hidrogen Cair )

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, hidrogen dapat dengan mudah kita temukan di pasaran. Kami merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai jenis bahan kimia, di antaranya adalah hidrogen. Kegunaan hidrogen yang sering kita temukan membuat jenis senyawa yang satu ini banyak dicari oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan dari segala aspek. Produk hidrogen yang tersedia di perusahaan kami terdiri dari berbagai jenis dan ukuran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari ukuran terkecil sampai dengan ukuran terbesar. Kualitas dan tingkat kemurniannya pun beragam, mulai dari tingkat kemurnian tertinggi sampai dengan terendah. Harganya pun relatif terjangkau, disesuaikan dengan jenis produk yang dipilih. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai hidrogen, berikut ini kami paparkan beberapa kegunaannya. (Lihat juga: Jual Gas Hidrogen untuk Balon )

  1. Bahan Kimia Organik

Kegunaan atau manfaat dari hidrogen yang pertama akan dibahas adalah dapat digunakan sebagai bahan kimia organik. Dimana, peranan hidrogen ini adalah untuk melakukan suatu reaksi yang disebut dengan reaksi hidrogenasi untuk beberapa jenis senyawa yang bersifat organik. Jenis reaksi lainnya yang dihasilkan dengan menggunakan hidrogen, di antaranya adalah reaksi kimia asilasi yang diperkenalkan oleh Freidel Crafts serta reaksi kimia Rosenmund. (Lihat juga: Harga Gas Hidrogen )

  1. Pembuatan Pupuk

Penggunaan hidrogen yang selainnya adalah untuk membantu dalam proses pembuatan segala jenis pupuk. Bidang industri yang cukup sering menggunakan hidrogen dalam proses produksinya adalah dalam pembuatan pupuk. Cara kerjanya adalah dengan mereaksikan atau mengkombinasikan senyawa hidrogen tersebut dengan senyawa nitrogen, sehingga dapat menghasilkan produk pupuk yang disebut dengan pupuk amonia. (Lihat juga: Supplier Gas Hidrogen )

  1. Pembuatan Minyak Goreng

Siapa yang menyangka bahwa hidrogen merupakan komponen yang digunakan dalam proses pembuatan minyak goreng. Dalam prosesnya, hidrogen pada pembuatan minyak goreng digunakan sebagai bahan untuk membuat tingkat kejenuhan pada minyak semakin meningkat, terutama untuk jenis minyak nabati. Ditujuannya adalah agar minyak goreng tersebut dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak. Hal ini dikarenakan, tingkat kejenuhan yang terkandung pada minyak semakin tinggi, maka minyak tersebut akan mendapatkan kekentalan yang pas. (Lihat juga: Jual Gas Hidrogen Cair )

  1. Bidang Kuliner

Selain dilibatkan pada proses pembuatan minyak goreng, hidrogen juga sering kali digunakan dalam bidang kuliner. Akan tetapi, peran hidrogen pada makanan tidak dilibatkan secara langsung, melainkan melalui komponen lainnya, antara lain minyak goreng yang memang dibuat dengan menggunakan hidrogen. Contohnya adalah restoran atau rumah makan siap saji yang menggunakan jenis minyak goreng hidrogen. Hal tersebut dikarenakan, minyak goreng ini lebih awet atau tahan lama dan dapat digunakan beberapa kali tanpa merusak hasil masakan. (Lihat juga: Agen Gas Hidrogen )

  1. Pembuatan Bahan Bakar

Kegunaan hidrogen yang selanjutnya adalah dapat digunakan untuk beberapa jenis bahan bakar. Salah satunya adalah dalam proses pembuatan methanol yang melibatkan hidrogen. Methanol diproduksi melalui proses gas alam yang ada di bumi yang sudah terbentuk sebelumnya. Pada proses tersebutlah hidrogen pun diproduksi bersama unsur lainnya seperti karbon dioksida. Selain itu, jenis bahan bakar lainnya yang menggunakan hidrogen dalam pembuatannya adalah minyak bumi. Dimana, minyak bumi tersebut dilakukan proses hidrogenisasi sehingga menjadi bahan bakar yang hemat dan ekonomis. (Lihat juga: Distributor Gas Hidrogen )

  1. Menghilangkan Sulfur

Selanjutnya, hidrogen juga dapat digunakan untuk menghilangkan kandungan sulfur pada beberapa jenis bahan bakar yang berasal dari fosil. Proses penghilangan sulfur dengan menggunakan hidrogen disebut dengan hidrodesulfurisasi. Tujuan dari penggunaan hidrogen ini adalah agar dampak polusi yang dihasilkan dari proses pembakaran dapat terminimalisir. Jenis – jenis bahan bakar fosil yang menggunakan hidrogen adalah bensin, solar, aftur, minyak tanah, dan lain sebagainya. (Lihat juga: Jual Gas Hidrogen 2 )

  1. Sebagai Bahan Bakar Alat Transportasi

Kegunaan selanjutnya dari hidrogen adalah dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk alat transportasi. Fungsi ini sebenarnya sudah lama diaplikasikan oleh negara – negara lain seperti Amerika yang menggunakan hidrogen untuk bahan bakar bus. Istilah lain dari penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar adalah bahan bakar sel. Selain itu, penggunaan hidrogen untuk bahan bakar sudah terpercaya dapat meningkatkan performa dan cukup efisien jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya. Hal tersebut dikarenakan, bahan bakar hidrogen atau bahan bakar sel memiliki emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar lain yang berasal dari fosil. Meskipun demikian, bahan bakar dari hidrogen ini harganya relatif mahal. Hal ini karena hidrogen bukan merupakan gas alam sehingga dalam proses produksinya memerlukan jenis – jenis bahan yang lainnya. (Lihat juga: Jual Gas Hidrogen Sulfide )

  1. Mendeteksi Kebocoran Gas

Fungsi hidrogen yang selanjutnya dan merupakan fungsi yang paling penting adalah dapat digunakan untuk mendeteksi apabila terjadi kebocoran pada gas. Kebocoran ini bisa terjadi dimana saja, misalnya di perusahaan pembangkit listrik atau pada berbagai jenis kendaraan di bidang otomotif. Pengaplikasian hidrogen sebagai alat untuk mendeteksi kebocoran gas sudah diterapkan sejak beberapa tahun terakhir. (Lihat juga: Jual Gas Hidrogen )

  1. Pemanfaatan dalam Industri Penerbangan

Kegunaan lainnya dari hidrogen adalah dapat digunakan sebagai bahan bakar dari pesawat terbang. Pemanfaatan ini sudah diaplikasikan sejak awal abad ke – 20. Dimana, hidrogen tersebut berperan sebagai gas angkat pada pesawat terbang jenis airships. Pada sekitar tahun 1937, pengaplikasian ini pun berakhir bertepatan dengan bencana yang terjadi di Hindenburg, sehingga airships pun berhenti dioperasikan untuk keperluan komersil. Meskipun demikian, bencana tersebut masih belum diketahui penyebabnya, tetapi sebagai besar masyarakat menganggap bahwa bahan bakar yang digunakan adalah salah. (Lihat juga: Jual Gas Buat Balon )

  1. Pengaplikasian di Bidang Ilmu

Hidrogen dapat diaplikasikan pada suatu bidang keilmuan dan penelitian, misalnya di bidang keilmuan fisika ataupun teknik. Contohnya adalah penggunaan hidrogen sebagai bahan atau gas pelindung dalam proses pengelasan. Dimana pengelasan tersebut mengisolasi posisi las pada gas atmosfer, di antaranya seperti oksigen dan nitrogen. Beberapa jenis perusahaan mengaplikasikan hidrogen sebagai zat pendingin bagai rotor yang ada pada generator listrik yang memiliki tingkat konduktivitas termal tinggi. Hal inilah yang membuat beberapa ilmuan menggunakan hidrogen sebagai bahan penelitian kriogenik ataupun super konduktivitas. Kegunaan lainnya dari hidrogen, yaitu: (Lihat juga: Agen Gas Terdekat )

  1. Pengaplikasian di bidang manufaktur
  2. Sebagai bahan bakar listrik ramah lingkungan
  3. Pemanfaatan untuk kepentingan komersial
  4. Pemanfaatan bagi pelayanan konsumen
  5. Proses reduksi batuan tambang
  6. Untuk memproduksi HCl atau asam klorat
  7. Bahan bakar untuk roket

Kegunaan hidrogen dan beberapa hal mengenai hidrogen. Jika Anda berminat untuk memesan dan membeli produk kami, silakan menghubungi kontak yang tersedia di website ini. Semoga bermanfaat. (Lihat juga: Agen Nitrogen Cair )

,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id