Harga Musicool

Harga Musicool termurah untuk wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi dan seluruh wilayah di Indonesia dengan kualitas produk asli Pertamina, jaminan supply yang dapat diandalkan, dan pelayanan yang prima dari PT. Gas Depo Industry. Kami merupakan salah satu distributor Musicool dari Pertamina untuk berbagai aplikasi kebutuhan industri Anda terutama untuk keperluan pengganti freon sintetis konvensional Air Conditioner (AC) Anda. Kami menjual Musicool dalam partai kecil (eceran) maupun dalam partai besar (grosir). Musicool tersedia dalam kemasan tabung gas ukuran 3 Kg, ukuran tabung gas 6 Kg, dan ukuran tabung gas 45 Kg, sedangkan permintaan dalam bentuk bulk, tanki, skidtank, dan isotank disesuaikan dengan permintaan pelanggan mulai dari 2 ton, 4 ton, 8 ton, 15 ton dan seterusnya.

Apa itu Musicool ?

Apa itu musicool ? Musicool adalah freon hidrocarbon alternatif yang lebih ramah lingkungan (eco-friendly) pengganti freon sintetis konvensional. Musicool merupakan produk Indonesia buatan dalam negeri yang diproduksi oleh Pertamina.

Propana

Macam dan Jenis Musicool :

  1. Musicool MC12 atau MC-12 sebagai pengganti freon R-12 dipakai untuk penggunaan kulkas, freezer, dll
  2. Musicool MC22 atau MC-22 sebagai pengganti freon R-22 dipakai untuk penggunaan AC Split, AC Sentral, dll
  3. Musicool MC134 atau MC-134 sebagai pengganti freon R-134a dipakai untuk penggunaan pada AC mobil
  4. Musicool MC600 atau MC-600 sebagai pengganti freon R-600a dengan komposisi Iso Butane
  5. Musicool MC-600 N yang merupakan produk Pertamina untuk produk N-Butane

Namun yang paling sering dipakai di dunia industri dan perdagangan adalah MC-12, MC-22, dan MC-134

Kenapa harus menggunakan Freon Refrigerant Musicool ?

Propane 1Berdasarkan literatur dari Pertamina, sejak ditemukan oleh para ahli dan ilmuan pada era tahun 1970-an, bahwa penggunaan syntetic refrigerant berbahan Fluor seperti ChloroFluoroCarbon (CFC) membahayakan dan merusak atmosfer bumi. penggunaan CFC sampai saat ini masih banyak digunakan untuk solvents, bahan semprot, dan refrigerant. Padahal sintetic refrigerant memiliki nilai GWP (Global Warming Potential) yang sangat tinggi, yakni 510 kali lebih besar dibandingkan C02. Selain mempunyai GWP yang tinggi, syntetic refrigerant juga memiliki ALT (Atmospere Life Time) 15. Artinya gas freon syntetic refrigerant akan bertahan di atmosfer 15 tahun sebelum terurai.

Apabila dihitung sejak syntetic refrigerant konvensional ditemukan, dan diproduksi secara besar-besaran serta dijual secara komersil pada tahun 1950, syntetic refrigerant konvensional baru terurai hanya empat kali. Kerusakan lapisan Ozon (O3) ini berbahaya karena radiasi UV-B yang bisa merusak sel genetik mahluk hidup bagi tanaman, binatang dan manusia apabila menerpa permukaan bumi secara langsung. Dampak lingkungan secara tidak langsung yang terasa adalah konsumsi listrik yang tinggi dan membuat kulit menjadi kering karena cara kerja synthetic refrigerant yang mengikat kandungan air.

Berikut perbandingan Musicool dengan freon konvensional :

A. Refrigerant MUSICOOL

  1. Berat jumlah penggunaan musicool lebih ringan 30 % misalnya freon sintesis konvensional untuk AC Split 1 PK rata-rata membutuhkan 1 Kg sedangkan penggunaan Musicool cukup dengan 30 gram, hasilnya biaya penggunaan bahan pendingin menjadi lebih rendah.
  2. Ramah lingkungan karena tidak merusak Ozon (O3) bumi
  3. Kinerja kompresor lebih ringan karena molekul Musicool lebih halus dibandingan freon sintesis konvensional, hasilnya adalah :
  • Konsumsi pemakaian energi/listrik/bahan bakar lebih rendah turun hingga 25 % – 30% yang mengakibatkan biaya konsumsi energi/listrik/bahan bakar menjadi lebih turun
  • Biaya Pemeliharaan atau Maintenance Cost lebih rendah
  • Umur (life time) pemakaian peralatan dan komponen menjadi lebih lama
  • Cost menjadi lebih rendah
  • Biaya penyusutan barang lebih kecil

A. Refrigerant Sintetis Freon Konvensional

Penggunaan jumlah freon lebih banyak yang mengakibatkan biaya pemeliharaan atau maintenance cost menjadi tinggi.
Kinerja kompresor menjadi lebih berat yang mengakibatkan antara lain :

  • Konsumsi energi/listrik/bahan bakar yang mengakibatkan cost menjadi tinggi
  • Membuat biaya pemeliharaan atau maintenance menjadi lebih tinggi
  • kompresor cepat rusak
  • Umur (life time) peralatan dan komponen menjadi lebih pendek
  • Biaya operasional dan lebih tinggi
  • Biaya penyusutan lebih besar

Selain menguntungkan dari segi ekonomis untuk memakai freon Musicool, dari segi hukum telah dinyatakan dengan sangat tegas tentang keharusan penghentian kegiatan produksi dan penggunaan refrigerant fluorocarbon dalam Konvensi Wina dan protokol Montreal 1987 yang telah disepakati oleh banyak negara. Pemerintah Indonesia juga telah meratifikasi konvensi tersebut melalui :

  1. Keputusan Presiden RI No.23 tahun 1992 tentang larangan memproduksi dan memperdagangkan bahan perusak lapisan ozon serta memproduksi dan memperdagangkan barang baru yang merusak lapisan ozon.
  2. SK Memperindag RI No. 111/MPP/KEP/1/1998 tentang larangan impor barang ODS dan barang yang menggunakan bahan ODS terhitung mulai tanggal 27 Januari 1998.
  3. SK Memperindag RI No. 110/MPP/KEP/1/1998 tentang batas akhir perdagangan dan pemakaian bahan ODS terhitung mulai tanggal 1 Januari 2005 (SK tersebut telah ditinjau kembali sehingga Pemerintah menetapkan jadwal penghapusan penggunaan CFC secara total tahun 2007).

Jasa Retrofit, Recovery, dan Konversi ke Freon Refrigerant Hydrocarbon Musicool

Selain jual produk Musicool Pertamina, PT. Gas Depo Industry juga melayani jasa retrofit dan konversi dari freon sintetis konvensional ke Refrigeran Hydrocarbon Musicool terutama untuk aplikasi musicool 22. PT. Gas Depo Industry mempunyai teknisi yang terlatih, terampil dan mumpuni, serta berpengalaman dalam melakukan Recovery & Konversi dari Refrigerant Sintetis Freon ke Refrigerant Alami Musicool. PT. Gas Depo Industry juga memberikan pelatihan dan training kepada para teknisi Perusahaan atau Pemilik AC atau teknisi maintenance (pemeliharaan) out-sourcing dengan Cuma-Cuma, yang merupakan satu paket dalam Program Penghematan Listrik, sehingga perusahaan diharapkan akan dapat melakukan pekerjaan maintenance (pemeliharaan) sendiri. Apabila Perusahaan atau Pemilik AC tidak mempunyai SDM Teknisi sendiri atau bagian pemeliharaan out-sourcing, maka PT. Gas Depo Industry siap untuk melakukan pekerjaan Service dan Pemeliharaan secara rutin dan periodik berdasarkan kontrak.

Segera hubungi tim sales dan call center kami untuk pemesanan produk Musicool dan jasa retrofit konversi freon sintetis konvensional dengan Musicool.

Call Center : 08179867722

E-mail : sales@gasdepo.co.id

,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id