7 Cara Membuat Oksigen Cair Paling Mudah

Kita ketahui bahwa oksigen merupakan salah satu zat yang keberadaannya sangat penting bagi kehidupan, khususnya bagi manusia yang melibatkan oksigen dalam sistem pernapasan. Oksigen banyak terdapat di udara bebas yang biasa kita hirup sehari – hari, sehingga kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Oksigen yang tersebar bebas tersebut biasanya berwujud gas, sedangkan untuk mendapatkan oksigen dalam wujud lainnya diperlukan suatu proses yang melibatkan komponen lainnya. (Lihat juga: Jual Oksigen Tabung )

Oksigen cair bisa dengan mudah kita temukan di pasaran dengan berbagai pilihan. Namun, tidak semua perusahaan menyediakan produk oksigen cair dengan tingkat kemurnian yang tinggi, sehingga produk yang dihasilkannya kurang dipercaya oleh konsumen. Cara membuat oksigen cair ini akan membantu Anda yang ingin membuat sendiri produk oksigen cair dengan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah langkah – langkah dalam membuat oksigen cair. (Lihat juga: Jual Oksigen Kecil )

  1. Perlu kita ketahui bahwa udara normal atau udara bebas terdiri dari dua jenis gas utama, yaitu oksigen dan nitrogen. Kedua jenis gas tersebut dapat mencair pada suhu tertentu, terutama jika berada dalam suhu yang sangat rendah.
  2. Untuk mendinginkan zat – zat tersebut, harus dilakukan proses kompresi untuk selanjutnya didinginkan dan didiamkan agar dapat berkembang kembali. Proses tersebut dilakukan berulang – ulang sampai mendapatkan suhu yang diinginkan, yaitu sekitar -196 derajat celsius, dimana suhu tersebut adalah titik didih untuk nitrogen yang lebih rendah dari oksigen. (Lihat juga: Jual Oksigen 24 Jam )
  3. Selanjutnya, pisahkan oksigen dari nitrogen dan unsur – unsur lainnya. Caranya adalah dengan memanaskannya pada suhu -196 derajat celcius sampai dengan -182,96 derajat celsius. Pada proses tersebut, nitrogen akan kembali menjadi wujud gas, sedangkan oksigen tetap berwujud cair.
  4. Sebelum dipanaskan, pindahkan nitrogen cair ke dalam wadah yang terbuat dari logam. Perlu kita ketahui bahwa nitrogen merupakan bagian dingin dari udara yang kita ambil untuk membuat oksigen cair. Nitrogen cair ini cenderung sangat dingin dibandingkan dengan oksigen cair. Kemudian, oksigen cair tersebut akan otomatis melalui proses kondensasi ketika berada di luar kaleng yang terbuat dari logam tersebut. (Lihat juga: Jual Gas Oksigen Jakarta )
  5. Selama proses tersebut, oksigen cair akan menetes ke bawah secara perlahan dan kita perlu menampungnya dalam suatu wadah. Ketika kita menyimpan oksigen cair tersebut di dalam tabung yang terbuat dari kaca, akan terlihat bahwa oksigen cair itu berwarna biru. Namun kita dapat menghilangkan warna biru tersebut dengan cara menyaringnya terlebih dahulu menggunakan gel silika. Tetapi, jika oksigen cair hanya didiamkan saja, maka warnanya akan kembali menjadi biru. (Lihat juga: Jual Tabung Gas Oksigen Bekas )
  6. Kita perlu hati – hati dalam menangani proses pembuatan oksigen cair ini. Hal tersebut dikarenakan oksigen yang berwujud cair lebih mudah meledak, dan tidak jarang oksigen cair ini digunakan sebagai bahan peledak jika dicampur atau dikombinasikan bersama dengan zat karbon. Oleh sebab itu, kita perlu hati – hati dan teliti untuk melakukan proses pembuatan oksigen cair ini.
  7. Jika oksigen cair sudah selesai dibuat, maka kita dapat langsung mengemas atau menyimpannya dalam wadah dari bahan khusus agar kualitas dari oksigen cair tetap terjaga. Selain itu, kita juga dapat langsung menggunakan oksigen cair tersebut untuk berbagai kepentingan, seperti untuk terapi dalam mengatasi penyakit – penyakit tertentu, proses pengelasan baja atau material lainnya, sebagai bahan bakar, dan berbagai fungsi lainnya. (Lihat juga: Refill Oksigen )

Cara membuat oksigen cair yang dapat diikuti langkah – langkahnya dengan mudah. Jika Anda berminat untuk memesan dan membeli produk kami, silakan menghubungi kontak yang tersedia di website ini. Semoga bermanfaat. (Lihat juga: Jual Tabung Oksigen untuk Ikan )

, ,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id