Kegunaan Nitrogen

Nitrogen merupakan salah satu jenis gas yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. Nitrogen menjadi salah satu komponen yang terdapat pada udara bebas yang biasa kita hirup. Keberadaan nitrogen ini sangat penting, karena dapat digunakan untuk berbagai aspek dan kepentingan. Nitrogen memiliki massa sebesar 78% dari atmosfer bumi dan hal ini menjadikan nitrogen sebagai salah satu unsur kimia yang memenuhi lapisan bumi, khususnya pada bagian atmosfer. Nitrogen memiliki simbol kimia N dengan nomor atom 7 yang terdapat pada tabel periodik. Selain itu, nitrogen memiliki karakteristik yang tidak berwarna, tidak memiliki bau, dan tidak memiliki rasa, lebih cenderung bersifat inert karena tidak mudah bereaksi dengan senyawa lainnya. (Lihat juga: Agen Nitrogen Cair )

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nitrogen memiliki berbagai manfaat atau kegunaan dalam beberapa aspek. Begitu pula dengan produk nitrogen yang kami jual memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan dalam beberapa kegiatan. Kegunaan nitrogen ini terdiri dari bidang kesehatan atau medis, industri, kimia, dan aspek – aspek lainnya yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. Ada banyak sekali produk nitrogen yang dapat kita pilih di pasaran. Jenisnya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam bidang yang kita tekuni untuk pemanfaatan nitrogen, baik yang berwujud cair ataupun gas. Untuk Anda yang ingin mengetahui tentang berbagai kegunaan dari nitrogen, berikut ini adalah penjelasannya yang dibagi ke dalam beberapa bidang atau aspek. (Lihat juga: Jual Nitrogen Balon )

  1. Kegunaan Nitrogen di Bidang Medis

Kegunaan nitrogen yang pertama adalah pada bidang medis. Banyak sekali aspek – aspek di bidang medis yang melibatkan nitrogen dalam kegiatannya. Karena nitrogen memiliki sifat atau suhu yang dingin, maka zat ini sering kali digunakan dalam proses pembekuan. Di bidang medis sendiri, pembekuan ini dilakukan pada beberapa organ dan jaringan tubuh yang disimpan dan diawetkan, misalnya untuk membekukan darah, embrio, sumsum tulang, sperma, dan lain sebagainya. Sehingga jaringan – jaringan tersebut dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. (Lihat juga: Jual Gas Nitrogen Cair Murah )

Selain untuk membekukan atau mendinginkan, nitrogen yang khususnya berwujud cair juga dapat digunakan pada bidang dermatologi atau kulit untuk membakar jaringan kulit yang rusak yang dapat merusak organ tubuh lainnya. Seperti untuk membakar kutil dan juga tumor kulit jinak yang sewaktu – waktu dapat menular. Nitrogen cair dinilai cukup efektif untuk mengatasi hal tersebut. Nitrogen juga memiliki peranan yang cukup penting untuk mempertahankan molekul – molekul pada DNA. (Lihat juga: Jual Gas Nitrogen Cair )

  1. Kegunaan Nitrogen di Bidang Industri Kimia

Kegunaan nitrogen yang selanjutnya terdapat di bidang industri kimia. Dalam bidang tersebut sudah jelas bahwa nitrogen memiliki peranan yang sangat penting pada setiap kegiatannya. Karena nitrogen memiliki sifat inert, dimana nitrogen tersebut memiliki suhu dingin dan tidak mudah bereaksi sering kali digunakan untuk beberapa kepentingan, seperti dapat menyimpan unsur – unsur yang bersifat eksplosif pada ruang inert yang dibuatnya. Selain itu, sifat inert pada nitrogen dapat digunakan sebagai suatu selubung untuk gas inert agar dapat menghilangkan kandungan oksigen ketika proses pembuatan peralatan elektronik. Nitrogen juga dapat digunakan untuk mengisi ruangan kosong yang terdapat pada termometer sehingga dapat mengurangi proses penguapan dari air raksa. (Lihat juga: Jual Gas Nitrogen Jakarta )

  1. Kegunaan Nitrogen di Bidang Otomotif

Bidang lainnya yang menggunakan nitrogen dalam menunjang kegiatannya adalah pada bidang otomotif, seperti dalam proses perakitan kendaraan bermotor. Dalam proses perakitan tersebut, biasanya digunakan zat nitrogen untuk mengkombinasikannya dengan zat lain, terutama dalam pengelasan suku cadang pada kendaraan bermotor, muffler, frame, atau komponen lainnya yang terdapat pada kendaraan tersebut. Hal ini dikarenakan nitrogen memiliki kemampuan agar hasil pengelasan dapat efektif meskipun menggunakan bahan – bahan yang berbeda. Selain itu, untuk menjaga keselamatan ketika berada dalam alat transportasi, biasanya terdapat suatu airbag yang juga menggunakan nitrogen dalam pembuatannya. Hal yang paling umum di bidang otomotif yang sering kita temukan dalam penggunaan nitrogen adalah untuk mengisi udara pada ban kendaraan bermotor. Karena nitrogen dinilai dapat membuat ban menjadi lebih elastis ketika berada di jalan yang berbatu. (Lihat juga: Harga Isi Ulang Nitrogen )

  1. Kegunaan Nitrogen di Bidang Kuliner

Selain pada bidang – bidang non pangan, nitrogen juga dimanfaatkan pada industri pangan atau makanan. Sifat inert atau dingin yang dimiliki oleh nitrogen juga dapat digunakan dalam proses pendinginan ataupun pembekuan pada beberapa jenis makanan maupun minuman, sehingga produk makanan dan minuman pun dapat bertahan lebih lama dan kualitasnya tetap terjaga. Kemudian, nitrogen juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya pembusukan pada makanan, terutama untuk jenis makanan yang dijual secara ritel kemasannya dapat lebih kuat atau awet jika menggunakan nitrogen. Masih banyak lagi beberapa kegunaan nitrogen lainnya yang terdapat pada industri pangan. Ternyata dalam bidang tersebut, nitrogen memiliki peranan yang penting untuk menjaga agar makanan dapat bertahan lebih lama dan terhindar dari proses pembusukkan. (Lihat juga: Spesifikasi Tabung Gas Nitrogen )

  1. Kegunaan Nitrogen di Bidang Penerbangan

Nitrogen juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan penerbangan atau kedirgantaraan. Misalnya dalam pembangunan terowongan angin High Reynolds yang menggunakan nitrogen dalam prosesnya. Selain itu, nitrogen juga dapat digunakan untuk memanaskan tungku pesawat dan autoklaf, sehingga dapat membuat komponen pesawat yang ringan namun tetap kuat. Kemudian, nitrogen juga sering digunakan dalam pengaplikasian laser cutting, dimana nitrogen tersebut berperan sebagai gas yang dapat membantu pengaplikasian laser cutting. Serta masih terdapat kegunaan nitrogen lainnya yang ada di bidang industri penerbangan yang dapat kita temukan dalam kegiatan sehari – hari. (Lihat juga: Jual Liquid Nitrogen )

  1. Kegunaan Nitrogen bagi Lingkungan Hidup

Sebagai unsur kimia, nitrogen merupakan jenis zat yang cukup ramah lingkungan, sehingga nitrogen ini tidak memiliki dampak negatif yang terlalu besar jika sering digunakan. Bahkan bagi lingkungan hidup, nitrogen memiliki peranan yang cukup penting. Nitrogen yang berwujud gas dapat digunakan sebagai gas yang memisahkan molekul sensitif yang terdapat pada udara bebas. Kemudian, nitrogen yang berwujud gas juga dapat digunakan pada pipa dalam rangka pencegahan adanya kontaminasi. (Lihat juga: Nitrogen UHP )

  1. Kegunaan Nitrogen dalam Proses Produksi Baja

Kegunaan nitrogen yang selanjutnya adalah dalam proses produksi atau pembuatan baja. Seperti yang telah kita ketahui, nitrogen memiliki sifat inert dan sifat inilah yang berperan dalam pengelasan, salah satunya untuk material baja. Nitrogen khususnya yang berwujud gas digunakan untuk membersihkan jenis – jenis gas lainnya yang terlibat dalam proses produksi baja. Selain itu, gas nitrogen juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya proses oksidasi dan berperan penting dalam pendinginan material baja. Berikut ini adalah beberapa kegunaan nitrogen lainnya yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari – hari: (Lihat juga: Harga Nitrogen Cair )

  1. Dapat digunakan dalam industri minyak dan gas.
  2. Dapat digunakan untuk mengendalikan suhu dalam proses pendinginan reaktor
  3. Dapat digunakan sebagai gas yang terdapat dalam pembersihan pipa.
  4. Sering dilibatkan dalam proses pengelasan dan fabrikasi logam.
  5. Sebagai komponen utama dalam pembuatan pupuk amonia dan pupuk urea.
  6. Dapat digunakan sebagai bahan desinfektan bagi rumah tangga.
  7. Dapat dimanfaatkan sebagai suplemen yang dikombinasikan dengan pakan ternak.
  8. Dapat meningkatkan tekanan dalam sumur minyak, agar minyak mentah dapat naik ke permukaan.
  9. Sering digunakan sebagai pendingin, terutama di industri pengolahan makanan.
  10. Dapat melindungi komponen lain dari proses kontaminasi.

Kegunaan nitrogen ternyata banyak sekali dan sering terlibat dalam kehidupan sehari – hari. Jika Anda berminat untuk memesan dan membeli produk kami, silakan menghubungi kontak yang tersedia di website ini. Semoga bermanfaat. (Lihat juga: Nitrogen Regulator )

,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id