Jual Gas Argon Jakarta dan Sekitarnya

Jika Anda merupakan orang yang memiliki usaha di bidang industri, tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis gas mulia yang disebut dengan gas argon. Gas argon ini sering kali digunakan dalam berbagai kegiatan industri, salah satunya adalah dalam proses pengelasan besi atau baja. Hal ini dikarenakan gas argon sangat efektif digunakan sebagai gas pelindung dalam proses pengelasan tersebut, dibandingkan dengan jenis gas lainnya. Gas Argon memiliki simbol unsur kimia, yaitu Ar yang berada pada nomor atom 18 dalam tabel periodik. Gas argon ini cukup melimpah keberadaannya di atmosfer bumi, yaitu sebanyak 0,934%. Gas argon disebut juga dengan gas malas karena memang jarang mengalami reaksi kimia. (Lihat juga: Tabung Gas Argon )

Untuk Anda yang memerlukan gas argon untuk kepentingan industri, saat ini sudah banyak gas argon dalam kemasan yang dijual di pasaran. Kami merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai jenis gas mulia, salah satunya adalah gas argon. Jual gas argon Jakarta dengan kualitas terbaik dan tingkat keamanan yang terjamin. Selain di Jakarta, kami pun menyalurkan produk – produk kami ke wilayah lainnya di Indonesia dan bahkan ke luar negeri. Gas argon ini dikemas dalam kemasan tabung khusus gas argon dengan ukuran dan tingkat kemurnian yang beragam, sehingga konsumen dapat memilih jenis gas argon sesuai dengan kebutuhannya. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai gas argon, berikut ini kami paparkan beberapa hal mengenai gas argon. (Lihat juga: Argon Gas Supplier )


Sejarah Gas Argon

  • Keberadaan gas argon diperkirakan sudah ada sejak tahun 1785 oleh seorang ilmuan pada masanya yaitu Henry Cavendish.
  • Gas argon baru diisolasi pada tahun 1894 oleh ilmuan lainnya yang bernama Lord Rayleigh dan juga Sir William Ramsay yang diteliti di University College London melalui beberapa percobaan.
  • Percobaan yang dilakukan oleh kedua ilmuan asal London tersebut, yaitu dengan menghilangkan unsur – unsur tertentu yang ada pada udara bersih, seperti air, oksigen, karbon dioksida, dan nitrogen. Mereka menyimpulkan bahwa di dalam unsur nitrogen itulah terdapat senyawa kimia lainnya.
  • Kemudian, pada tahun 1882 ditemukan kembali gas argon melalui suatu penelitian secara independen yang dilakukan oleh H.F. Newall dan W.N. Hartley. Dari penelitian tersebut, mereka mengamati adanya garis baru dalam spektrum warna pada udara yang ternyata disebabkan oleh gas argon. (Lihat juga: Perbedaan Las Argon dengan Las Biasa )


Karakteristik Gas Argon

  • Gas argon mudah larut dalam air, bahkan tingkat kelarutannya lebih mudah dibandingkan dengan jenis zat lainnya seperti nitrogen.
  • Secara umum, zat argon tidak memiliki warna, tidak mudah terbakar, tidak memiliki bau, dan tidak beracun meskipun dalam berbagai wujud, seperti padat, cair, maupun gas.
  • Gas argon memiliki sifat inert, yaitu tidak mudah bereaksi dengan unsur lainnya dan dapat dijadikan gas pelindung, khususnya dalam proses pengelasan.
  • Gas argon termasuk dalam golongan gas mulia, tetapi gas ini mampu membentuk suatu senyawa, yang disebut dengan fluorohidrida yang cukup stabil dan telah dilaporkan oleh para peneliti sejak tahun 2000. (Lihat juga: Pengelasan Argon )

Selain beberapa hal mengenai gas argon tersebut di atas mulai dari sejarah hingga karakteristiknya, gas argon juga memiliki berbagai macam fungsi. Gas argon ternyata dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti untuk kepentingan industri, medis, pangan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, keberadaan gas argon di muka bumi sangatlah penting karena dapat menunjang berbagai kegiatan industri tersebut. Berikut ini adalah beberapa pengaplikasian gas argon yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari – hari. (Lihat juga: Jual Argon )


Kegiatan Industri

Kegunaan atau pengaplikasian gas argon yang pertama adalah untuk menunjang kegiatan industri. Biasanya, proses industri yang menggunakan gas argon adalah untuk yang memiliki temperatur tinggi, atau untuk mengubah zat yang tidak reaktif menjadi reaktif. Salah satu contohnya adalah dalam proses tanur listrik grafit, dimana untuk mencegah agar grafit tersebut tidak terbakar maka digunakan gas argon untuk melindunginya. Lain halnya jika kita menggunakan zat kimia lain dalam proses industri tersebut akan merusak atau membuat bahannya menjadi cacat. Selain itu, gas argon juga digunakan dalam proses pengelasan listrik, seperti pengelasan logam gas atau pengelasan wolfram gas. Gas argon juga digunakan dalam industri unggas seperti membuat asfiksia, yang bermanfaat untuk proses pemusnahan unggas yang terkena wabah penyakit. (Lihat juga: Harga Argon )


Proses Pengawetan

Kegunaan atau pengaplikasian gas argon yang selanjutnya adalah untuk proses pengawetan produk makanan ataupun minuman. Gas argon ini dapat digunakan untuk membuat waktu penyimpanan makanan dalam kemasan menjadi lebih lama atau lebih panjang dan dapat mencegah reaksi kimia yang mungkin akan terjadi pada makanan yang dikemas tersebut. Misalnya untuk minuman yang dikemas dalam kemasan botol, gas argon diaplikasikan untuk mencegah kandungan oksigen yang tertimbun dalam minuman yang juga dapat merusak minuman tersebut. Selain itu, gas argon juga digunakan untuk melindungi dokumen atau arsip yang terdapat di Arsip Nasional Amerika Serikat, sehingga gas argon dapat mencegah agar dokumen tersebut tidak mudah rusak. (Lihat juga: Harga Gas Argon )


Melindungi Peralatan Laboratorium

Kegunaan atau pengaplikasian gas argon yang berikutnya adalah mampu melindungi berbagai peralatan laboratorium agar tidak mudah rusak. Salah satunya adalah dalam kotak sarung tangan, biasanya diisi dengan menggunakan gas argon, hal ini dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitarnya terbebas dari zat atau unsur lainnya, seperti uap air, oksigen, dan nitrogen. Dalam hal ini, gas argon sebagai gas inert disalurkan atau disirkulasikan melalui sikat yang terdapat dalam kotak sarung tangan tersebut. (Lihat juga: Harga Tabung Argon )

Jual gas argon Jakarta dan beberapa hal mengenai gas argon beserta pengaplikasiannya. Jika Anda berminat untuk memesan dan membeli produk kami, silakan menghubungi kontak yang tersedia di website ini. Semoga bermanfaat. (Lihat juga: Jual Tabung Gas Argon )

,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id