Refill Helium

Helium (He)Helium banyak ditemukan di seluruh alam semesta. Salah satu unsur gas ini menempati urutan kedua sebagai unsur gas terbanyak yang ada di jagat raya. Helium secara melimpah dapat ditemukan pada matahari serta bintang-bintang yang bertebaran di angkasa. Bintang-bintang dan matahari menjadikan helium ini sebagai bahan bakarnya.

Helium turut berperan bersama unsur-unsur gas lainnya dalam membentuk atmosfer bumi. Atmosfer adalah kumpulan udara berlapis yang mengelilingi sebuah planet. Fungsi atmosfer ini salah satunya untuk melindungi planet bumi dari benda-benda angkasa yang datang. Dalam lapisan atmosfer, helium memiliki volume sebanyak 0,0005. Jumlah helium yang tersebar di atmosfer memang lebih sedikit dibandingkan gas nitrogen, oksigen maupun karbondioksida.

Sayangnya, keberadaan helium di permukaan bumi tidak sebanyak yang tersebar di luar angkasa. Kebutuhan manusia terhadap helium semakin meningkat penggunaannya, menyebabkan gas ini terus menerus diambil. Penggunaan helium yang paling banyak digunakan untuk pembersihan mesin roket, penyelaman, balon udara serta MRI.

Helium Yang Ada di Bumi

Helium yang banyak tersebar di Dataran Besar Amerika pun semakin menipis. Keadaan seperti ini membuat Amerika Serikat mulai melakukan penimbunan helium sejak tahun 1960. Fakta ini dikemukakan oleh National Research Council  pada tahun 2011. Keadaan ini menimbulkan harga gas helium yang melambung tinggi. Adapun pasokan helium yang tersebar di negara-negara seperti Algeria, Qatar dan Rusia diprediksi hanya akan memenuhi paling tidak untuk empat puluh tahun lagi.

Seorang ahli fisika yang berhasil meraih gelar nobel, Robert Richardson, menyebutkan bahwa harga gas helium memang harus tinggi. Hal ini berguna untuk melestarikan gas helium. Ia tidak tanggung-tanggung untuk mengemukakan tentang harga satu balon kecil yang berisi gas helium seharga satu juta rupiah. Angka yang fantastis memang, namun menurut Richardson ini sebanding untuk membuat gas helium tidak musnah.

Kesadaran para ilmuwan tentang menipisnya gas helium di bumi membuat sebuah tim peneliti menemukan sebuah
lading di Tanzania, Afrika Timur Rift Valley yang mengandung banyak helium di dalamnya. Baru-baru ini sekitar pertengahan tahun 2016, tim peneliti dari Durham University, Oxford of University serta sebuah perusahaan eksplorasi Helium One menemukan gas helium yang terkandung dalam batuan kuno. Batuan kuno ini bereaksi akibat panas yang dihasilkan dari aktivitas gunung berapi. Mereka telah mengumumkan hasil penemuannya ini dalam Goldschmidt Geochemistry Conference yang telah berlangsung di Yokohama, Jepang.

Manfaat Gas Helium Dalam Kehidupan

Helium1Unsur gas yang termasuk golongan gas mulia ini memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Keunggulan gas helium yang memiliki titik didih dan titik lebur terendah banyak digunakan untuk berbagai aktivitas, diantaranya :

  1. Helium dimanfaatkan untuk menjaga kondisi hidrogen-oksigen sebagai bahan bakar roket agar tetap berwujud cair. Hal ini dikarenakan helium memiliki titik didih terendah dibandingkan usur gas yang lain.
  2. Helium digunakan bersamaan dengan oksigen untuk keperluan penyelaman. Namun helium yang digunakan untuk penyelaman kandungannya jauh lebih sedikit dibandingkan oksigen.
  3. Helium dimanfaatkan sebagai gas yang mengisi balon udara. Helium dipilih sebagai gas untuk menerbangkan balon udara karena massa dari gas helium jauh lebih ringan dari udara dan gas helium tidak mudah terbakar seperti hidrogen, meskipun massa hidrogen jauh lebih ringan dari helium.
  4. Helium dimanfaatkan dalam dunia medis sebagai obat untuk mengatasi penyakit paru obstruktif kronik, asma dan penyakit paru obstruktif kronik stadium akhir. Helium yang digunakan untuk penyakit-penyakit tersebut dicampurkan bersama gas oksigen kemudian di salurkan ke dalam tubuh pasien. Helium membantu dalam meringankan proses pernapasan pasien. Pengobatan ini harus selalu dibantu oleh tenaga medis.
  5. Helium dimanfaatkan dalam dunia industri sebagai pendingin cetakan pada pabrik kaset, pendingin batang uranium pada reaktor nuklir, pendeteksi kebocoran mikro, dan campurannya dengan gas argon dapat dijadikan sebagai gas pelindung saat pengelasan baja ringan yang tebal.

Refill Helium

Refill Helium dengan rumus molekul kimia He dengan harga murah bersaing, kualitas purity terbaik, dan ready stock  dari PT. Gas Depo Industry. Kami jual dan merupakan tempat isi ulang gas Helium (He) terpecaya, dan supplier Gas Helium untuk berbagai kebutuhan industri Anda seperti untuk pengisi balon udara, Arc Welding, pernafasan bawah laut, dan sebagainya.

Helium (He) adalah gas inert yang tidak berbau (odorless), tidak berwarna (colorless), dan merupakan elemen paling ringan kedua dalam dunia gas. Karena sifat Helium (He) yang mempunyai berat jenis rendah dari udara dan tidak mudah terbakar (non-flammable), Helium (He) banyak digunakan dalam  pengisian balon ringan dan untuk balon udara. Dalam bentuk cair Helium (He), Helium (He) digunakan untuk aplikasi superkonduktor magnet, juga untuk  pencitraan resonansi magnetik (MRI). Helium (He) cair sangat berguna sebagai refrigeran dan bermacam pekerjaan eksperimental dalam memproduksi dan mengukur suhu dekat nol mutlak (absolute zero temperature), dan masih banyak kegunaan lainnya.

Sifat-sifat Gas Helium

Unsur gas helium memiliki sifat-sifat yang khas sehingga membedakannya dengan jenis gas-gas lainnya. Sifat yang paling mencolok dari gas helium adalah titik didih dan titik leburnya. Gas helium memiliki sifat unik karena kondisi saat mencapai titik didih dan titik leburnya dalam keadaan yang sangat rendah jika dibandingkan dengan unsur lainnya.

Sifat unik lainnya yang dimiliki oleh gas helium saat wujudnya cair adalah tidak dapat diubah menjadi padat hanya dengan menurunkan suhunya. Helium tetap dalam keadaan cair dalam suhu normal, namun jika tekanan udara dinaikkan sampai batas tertentu barulah helium ini akan berubah wujud menjadi padat.

Sifat helium cenderung mudah menguraikan dirinya bersama unsur lain. Contohnya saja penggunaan helium dan oksigen dalam perawatan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, penggabungan helium dan oksigen untuk keperluan penyelaman, pembuatan helium difluorida, serta pencampuran helium dan argon untuk proses pembuatan baja.

Penggunaan Refil Gas Helium

Kehadiran helium di muka bumi memang sangat dibutuhkan untuk membuat manusia terus berinovasi. Apalagi jika gas helium ini digunakan untuk keperluan komersil seperti menjual balon, menikmati perjalanan dengan balon udara, melakukan penyelaman maupun kepentingan medis. Tentu akan sangat membantu jika memiliki sendiri tabung gas yang berisi helium.

Ukuran dari tabung gas helium sesuai dengan kapasitas di dalamnya. JIka gas dalam tabung habis, maka tabung dapat diisi ulang sehingga membelian gas helium jauh lebih murah dibandingkan harus menyewa tabungnya. Pembeli gas helium dalam tabung tidak perlu khawatir jika tabungnya diantar lewat paket atau ekspedisi, karena gas helium memiliki massa yang lebih ringan sehingga jauh lebih aman.

Sifat helium yang unik membuat gas ini cukup aman jika terkena cipratan api atau puntung rokok. Helium sangat berbeda dengan gas hidrogen yang mudah terbakar. Inilah yang membuat helium sangat diandalkan untuk berbagai keperluan aktivitas manusia. Namun bukan berarti kita boleh dengan sengaja untuk menyipratkan api atau meninggalkan puntung rokok sembarangan.

Helium yang digunakan dalam jangka panjang sangat dianjurkan untuk membeli tabungnya dan kembali mengisi ulang saat gas helium dalam tabung sudah habis. Saat ini banyak sekali toko-toko kimia secara offline maupun online yang menyediakan jasa isi ulang atau refil gas helium. Lebih menarik lagi, toko-toko ini menawarkan harga yang terjangkau dengan kapasitas gas helium tertentu.

Kita sebagai kostumer tentu saja harus jeli dan cermat dalam memutuskan pembelian tabung gas dengan cara aktif bertanya melalui contact person  toko-toko tersebut. Lebih baik lagi jika kita dapat menemukan informasi langsung dari sesama kostumer. Hal ini tentu saja lebih objektif karena kostumer yang lain memiliki pengalaman langsung dalam membeli tabung gas atau isi ulang/refil gas di toko tertentu. Seperti pemanfaatkan helium untuk balon, beberapa toko ada yang memberikan penawaran harga sebanding namun mampu menghasilkan lebih banyak balon dibandingkan tabung gas helium dengan volume yang sama dari toko lainnya.

Jangan ragu untuk menghubungi tim sales dan call center kami untuk mendapatkan pelayanan produk refill Helium (He) dari PT. Gas Depo Industry.

CALL CENTER : 08179867722

E-MAIL : sales@gasdepo.co.id

, ,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id