Sifat Karbon Dioksida yang Berguna Bagi Kehidupan

Siapa yang tidak kenal dengan karbon dioksida, gas yang dituding sebagai penyebab pemanasan global yang terjadi dibumi tercinta ini. Karbodioksida memang lebih dikenal keburukannya daripada manfaatnya, padahal ketika menjadi es kering, karbon dioksida ini banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Namun akibat proses pembakaran dari industry yang semakin banyak dan juga bertambahnya jumlah kendaraan dari tahun ke tahun,turut menyumbangkan gas karbon dioksida di permukaan bumi ini,hal inilah yang mengakibatkan konsentrasinya semakin meningkat.

Simak juga:

Yang harus menjadi perhatian umat manusia adalah ketika konsentrasi karbon dioksida mencapai lebih besar dari 5.000 ppm, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan dan ketika konsentrasinya mencapai lebih besar dari 50.000 ppm karbon dioksida akan membahayakan kehidupan hewan-hewan di muka bumi.

Simak juga:

Karbon dioksida atau yang lebih dikenal dengan rumus kimianya CO2 adalah senyawa kimia anorganik yang terdiri dari dua molekul oksigen dan terikat secara kovalen dengan satu molekul karbon. Dihasilkan dari dekompisisi bahan organik, juga hasil respirasi ,pembakaran, gunung berapi dan produk geothermal lainnya seperti . Pada suhu kamar dan kondisi normal, gas  ini tidak berbau, tidak berwarna dan tidak mudah terbakar.

Simak juga:

Yang sering kita tidak tahu adalah bahwa karbon dioksida sebetulnya bermanfaat juga bagi kehidupan manusia sehari-hari. Karbon dioksida ini sebenarnya berbentuk cair, namun ketika berada di suhu -78° C berubah menjadi padat. Inilah yang disebut dry ice atau es kering. Nah es kering atau orang biasa menyebutnya es biang inilah yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari, berikut uraiannya:

  • Mengawetkan bahan makanan dan makanan jadi
  • Membantu menjaga agar minuman tetap dingin
  • Membuat efek asap di pertunjukkan-pertunjukkan baik itu di panggung maupun didalam film-film
  • Mengawetkan jenazah, terutama untuk jenazah yang harus di otopsi karena memerlukan waktu yang lama di suhu ruang, agar tidak cepat membusuk maka diberi es kering.
  • Mengawetkan darah juga bisa menggunakan es kering selain disimpan di lemari es. Ketika darah akan dibawa, maka agar terjaga keawetannya maka diberi es kering.

Itulah manfaat dari karbon dioksida yang sudah beku alias es kering. Namun karena es kering ini terbuat dari gas karbon dioksida, maka anda harus hati-hati dalam menggunakannya. Ada beberapa cara agar anda terhindar dari cedera akibat es kering ini. Berikut cara pencegahannya:

  1. Jangan pernah menyimpaneskering di tempat tertutup dalam waktu yang lama. Karena es kering terbuat dari gas yang membeku maka ketika berada di suhuruang gas tersebut akan memuai dan lama-lama jika semakin panas akan meledak.
  2. Jika membawa es kering dalam mobil, lebih baik matikan AC dan buka jendela. Ini untuk mencegah es kering memuai dan jika mobil tertutup maka akan dipenuhi oleh karbon dioksida.
  3. Dilarang memegang langsung es kering, karena dapat menimbulkan kulit anda terbakar.
  4. Jika untuk mengawetkan bahan makanan, gunakan alumunium foil untuk membungkus es kering sehingga tidak langsung mengenai bahan makanannya karena akan menyebabkan layu.

Demikian sifat dan manfaat karbon dioksida, selalu berhati-hati ketika menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, adalah hal yang paling penting agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun jika anda memerlukan produk liquid gas Carbon Dioxide (LCO2) atauKarbon dioksida cair, anda bisa menghubungi PT. Gas Depo Industry di 08179867722. Semoga bermanfaat!

Simak juga:

,
Oleh :
Kategori : Produk
Hubungi kami

PT Gas Depo Industry

CALL CENTER : 08179867722
Ruko Niaga Dukuh Zamrud Blok. B3 No. 87 Pedurenan
Mustika Jaya – Bekasi Jawa Barat – Indonesia
E-mail: sales@gasdepo.co.id